Ini Gw Loh

Ini Gw Loh

Minggu, 20 November 2011

Proposal Skripsi Aria Muhamad Drajat Jatnika (234411007)



”HUBUNGAN KOORDINASI ANTAR INSTANSI TERKAIT DILAPANGAN DAN KETERSEDIAAN ANGKUTAN PENYEBRANGAN DIPELABUHAN DENGAN JALUR ANTRIAN ANGKUTAN DARI PELABUHAN MERAK BAKAHUNI 23 DESEMBER 2010”

DISUSUN OLEH
Aria Muhamad Drajat Jatnika
NIM : 234411007

DISAMPAIKAN KEPADA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI PROGRAM STUDI PROFESIONAL MANAJEMEN LOGISTIK DAN MATERIAL SEBAGAI BAGIAN DARI PERSYARATAN MEMENUHI TUGAS MANDIRI SEMINAR



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR
TRISAKTI-JAKARTA
TAHUN 2011


KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmat Nya penulis dapat menyelesaikan Tugas Mandiri Seminar dengan tepat pada waktunya. Adapun maksud dan tujuan untuk menambah nilai dalam matakuliah Seminar.
            Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Osman selaku Dosen Matakuliah Seminar dan pihak-pihak yang turut membantu penulisan dan penyusunan tugas mandiri ini.
Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis berharap atas saran dan kritik yang bersifat membangun dari pembaca.
Akhir kata, penulis mengharapkan semoga tujuan dari pembuatan tugas mandiri ini dapat tercapai dengan yang diharapkan.

Jakarta  2011
                                                                                  Penulis

                             ( Fathmy Adryahara )
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                                                                                                                                          i
DAFTAR ISI                                                                                                                                                          ii

BAB 1                    PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang............................................................................1
B.      Perumusan Masalah………………...................................................3
C.      Tujuan dan  Manfaat  Peneltian…………….....................................4
D.      Metodologi Penelitian................................................................6
E.       Hipotesis………………....................................................................8
F.       Siatematika Penulisan …………………………………………………………....9







BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pelabuhan adalah tempat yang terdiri dari daratan dan perairan di sekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan ekonomi dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, berlabuh, naik turun penumpang dan atau bongkar muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan moda transportasi.
Kepelabuhan meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan penyelanggaraan pelabuhan dan kegiatan lainnya dalam melaksanakan fungsi pelabuhan untuk menunjang kelancaran, keamanan dan ketertiban arus lalu lintas kapal, penumpang dan barang, keselamatan berlayar, serta tempat perpindahan intra dan antar moda transportasi.
Pelabuhan merupakan tempat dua moda transportasi utama, yaitu darat dan laut serta berbagai kepentingan yang saling terkait. Barang-barang yang diangkut dengan kapal laut akan dibongkar dan dipindahkan ke angkutan darat seperti truk atau kereta api. Dan, sebaliknya barang-barang yang diangkut dengan truk atau kereta api di pelabuhan dibongkar dan dimuat ke kapal. Oleh karena di pelabuhan berbagai kepentingan bertemu, maka di pelabuhan akan berdiri bank yang melayani pelayaran maupun kegiatan ekspor impor. Pelabuhan merupakan tempat bagi instansi Bea Cukai untuk memungut bea masuk. Di pelabuhan, ada pemeriksaan keselamatan pelayaran. Selain itu, di pelabuhan banyak berdiri perusahaan yang melayani pelayaran, seperti leveransir, pemasok peralatan kapal, dan sebagainya.
Dalam menunjang kelancaran aktivitas di pelabuhan, dalam pelabuhan tersedia berbagai fasilitas. Kelengkapan fasilitas ini juga bisa menjadi ukuran baik buruknya suatu pelabuhan. Beberapa fasilitas yang menunjang kelancaran aktivitas dalam pelabuhan.
1.      Penahan gelombang
Gunanya untuk menahan ombak dan gelombang, karena itu dalam pelabuhan terdapat dermaga-dermaga tempat kapal-kapal sandar. Dengan demikian, dalam pelabuhan cuacanya lebih tenang dari luar karena terlindungi.
2.      Jembatan
3.      Angkutan penyeberangan
4.      Rambu kapal
5.      Gudang
6.      Dermaga
7.      Tempat labuh
8.      Tongkang
Dipergunakan untuk mengangkut muatan atau barang dari dan atau kekapal yang dimuat atau dibongkar, yang biasanya ditarik oleh kapal tunda.

9.      Tol akses road ke pelabuhan


Di Pelabuhan Merak Bakahuni terdapat kasus yang terjadi pada tanggal 23 desember 2010. Terjadi kemacetan dalam antrian panjang angkutan truk yang terjadi selama 1 minggu. Penulis tertarik untuk mengkaji atau menganalisis lebih lanjut dan tersebut dalam bentuk karya tulis ilmiah dengan judul :









”HUBUNGAN KOORDINASI ANTAR INSTANSI TERKAIT DILAPANGAN DAN KETERSEDIAAN ANGKUTAN PENYEBRANGAN DIPELABUHAN DENGAN JALUR ANTRIAN ANGKUTAN DARI PELABUHAN MERAK BAKAHUNI 23 DESEMBER 2010”

B.     Perumusan Masalah
1.      Identifikasi Masalah
   Penulis mengidentifikasi masalah-masalah berdasarkan latar belakang diatas sebagai berikut:
a.                   Cuaca buruk dengan ketinggian gelombang ±1,5 meter diatas permukaan laut.
b.                  Kurangnya koordinasi anatar instansi terkait dilapangan.
c.                   Belum rampungnya perbaikan tol-akses road ke pelabuhan.
d.                  Terbatasnya ketersediaan angkuatan penyebrangan di pelabuhan (sarana penyebrangan).
e.                   Perusahaan ASDP melakukan dok besar kapal penyebrangan.

2.      Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang dikemukakan di atas maka penulis mencoba membatasi masalah hubungan kurangnya koordinasi antar instansi terkait dilapangan dan terbatasnya ketersediaan angkutan penyebrangan di pelabuhan terhadap jalur antrian angkutan dari Pelabuhan Merak Bakahuni 23 desember 2010



3.      Pokok  Permasalahan
a.       Adakah hubungan yang signifikan antara koordinasi antar instansi terkait dilapangan terhadap antrian panjang dari pelabuhan merak bakahuni?
b.      Bagaimana koordinasi yang dilakukan antar instansi terkait terhadap aktivitas di pelabuhan merak bakahuni?
c.       Adakah hubungan yang signifikan dengan ketersediaaan angkutan penyebrangan terhadap antrian panjang dari pelabuhan merak bakahuni?
d.      Bagaimana Ketersediaan angkutan penyebrangan terhadap aktivitas pengiriman barang ?

C.    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
a.          Tujuan Umum
           Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan koordinasi antar instansi terkait dilapangan dan ketersediaan angkutan penyebrangan terhadap antrian panjang dari pelabuhan merak bakahuni.

b.         Tujuan Khusus
1.       Untuk mengetahui koordinasi antar instansi terkait terhadap aktivitas di pelabuhan merak bakahuni.
2.      Untuk mengetahui gambaran deskriptif yang terjadi pada tanggal 23 desember 2010 mengenai koordinasi yang dilakukan antar instansi terkait terhadap aktivitas di pelabuhan merak bakahuni?
3.      Untuk mengetahui ketersediaan sarana penyebrangan terhadap aktivitas di pelabuhan merak bakahuni.
4.      Untuk mengetahui gambaran deskriptif yang terjadi pada tanggal 23 desember 2010 pada ketersediaan saranaa penyebrangan terhadap aktivitas di pelabuhan merak bakahuni?

2.      Manfaat  Penelitian
  Penelitian ini diharapkan member manfaat untuk kepentingan akademis dan praktisi, sebagai berikut ;
1.  Manfaat akademis, dapat bermanfaat memberikan konstribusi terhadap pengembangan kajian ilmu Sumber Daya Manusia dan kinerja organisasi serta manajeman persediaan angkutan penyebrangan. Selain itu, untuk pengembangan manejman dinas perhubungan PEMDA, Pengelola ASDP, ditjen HUBDAT, dan ditjen HUBLA.
2.  Manfaat praktisi, diharapkan dapat menjadi masukan dan rekomendasi yang dapat digunakan sebagai bahan mengoptimalkan fungsi komunikasi organisasi (antar instansi terkait). Sekaligus upaya memperbaiki kualitas sarana angkutan penyebrangan dan megoptimalkan angkutan penyebrangan
3.  Manfaat bagi penulis, Untuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis dalam mempelajari bagaimana penanganan kemacetan dalam antrian panjang ± 10 km dari Pelabuhan Merak Bakahuni sekaligus untuk memenuhi persaratan akademik dalam rangka mendapatkan  nilai mata kuliah Seminar STMT TRISAKTI.

D.    Metodologi Penelitian
1.      Jenis dan sumber data
a.      Data primer
Merupakan pengumpulan data yang dilakukan melalui penelitian lapangan. Data primer penulisan peroleh melalui koesioner dan pengamatan dilapangan.
b.      Data sekunder
Merupakan data yang diperoleh dengan cara membaca, mempelajari, dan mengutip dari buku-buku, majalah, dan literature yang berhubungan dengan materi yang dibahas.
2.      Metode pengumpulan data
a.      Riset Lapangan (Field Research)
1)      Observasi, merupakan salah satu teknik operasional pengumpulan data melalui proses pencatatan secara cermat dan sistematis terhadap obyek yang dicermati secara langsung.
2)      Kuesioner, merupakan metode pengumpulan data dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan atau angket yang akan diisi oleh pihak terkait atau responden.
b.      Riset Pustaka
Mengumpulkan data dengan cara membaca dan mengutip dari buku, laporan jurnal ilmiah, dan tulisan yang mengandung informasi dan mendukung landasan teoritis mengenai masalah yang sedang diteliti.

c.       Metode banding Analisa
Metode ini adalah pengumpulan data dengan cara membandingkan antara penjelasan yang didapat pada perkuliahan dengan yang didapat penulis di lapangan, yaitu mengenai koordinasi antar instansi terkait dan sarana penyebrangan di Pelabuhan Merak Bakahuni

1.      Metode Analisis Data
Metode analsis data yang di gunakan untuk menganalisa dan membahas perumusan masalah yang di teliti yaitu :
Koefisien Korelasi (Pearson)
r = n.∑X.Y - ∑ X . ∑ Y___________
_______________ _____________
√n.∑ X² - ( ∑ X ) ² . √n∑ Y² - ( ∑Y) ²

Dimana : X = Ketersediaan Kapal Tunda]
Y = Jumlah Kapal Terlayani

Kesimpulan
a. Jika r = 0 tidak ada hubungan antara x dan y
b. Jika r = + 1 atau mendekati 1 , ada hubungan antara x dan y positif dan sangat kuat.
c. Jika r = -1 atau mendekati -1 , ada hubungan antara x dan y sangat kuat tapi negatif.


E.        Hipotesis
Kesimpulan sementara dari penelitian ini sebagai berikut :
Untuk mengetahui hubungan yang signifikansi antara  koordinasi antar instansi terkait (variable X1)  dan ketersediaan sarana penyebrangan dengan jumlah kapal terlayani(Y), uji hipotesis yang penulis gunakan adalah uji satu arah (one tail) .
Tahapan – tahapannya adalah sebagai berikut :

a. Hipotesis awal
Ho : ρ = 0 Diduga hubungan antara koordinasi antar instansi terkait dengan jalur antrian dari pelabuhan merak bakahuni tidak signifikan.
Ha : ρ = 0 Diduga hubungan antara koordinasi antar instansi terkait dengan dengan jalur antrian dari pelabuhan merak bakahuni signifikan.
Ho : ρ = 0 Diduga hubungan antara ketersediaan angkutan penyebrangan dengan jalur antrian dari pelabuhan merak bakahuni tidak signifikan.
Ha : ρ = 0 Diduga hubungan antara ketersediaan angkutan penyebrangan dengan dengan jalur antrian dari pelabuhan merak bakahuni signifikan.


b. Rumusan Uji Korelasi
thitung = r √ (n- 2 )
√ (1 - r² )

c. Bandingkan Hasil Hitung / Analisis dengan Tabel :

Kemudian Perhitungan test table (tt) :
Tt = ttabel = t : df = n - 2

d. Kesimpulan
Jika terhitung < ttabel maka Ho = diterima, Ha = ditolak, yang berarti hubungan tidak signifikan.
Jika thitung > ttabel maka Ho = ditolak, Ha = diterima ,yang berarti hubungan signifikan.


F.      Sistematika Penulisan
            Untuk mempermudah pemahaman tentang penulisan karya tulis ilmiah atau proposal penelitian ini maka penulis merasa perlu membuat sistematika penulisan skripsi ini secara garis besr di bagi menurut bab demi bab sebagai berikut:

BAB I  PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menjelaskan latar belakang, masalah, perumusan masalah yang meliputi pembatasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, metode penelitian serta sistematika penulisan proposal skripsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar