Ini Gw Loh

Ini Gw Loh

Minggu, 06 November 2011

SITI RUSTIANI (234111017)

ANALISIS KINERJA AGENT TERHADAP PENGARUH ON TIME DELIVERY
PADA PT ANTEREJA PRIMA ANTARAN
(RPX DOMESTIK)
TAHUN 2010-2011



NAMA :
SITI RUSTIANI (234111017)




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI
JL IPN Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur 13410
Telp. (021) 8516050 – 8569350, Fax. (021) 8569340





BAB I  
 PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
     Transportasi merupakan salah satu aspek dasar dalam menentukan perkembangan di suatu negara. Karena hampir seluruh bidang di suatu negara tidak lepas dari kegiatan transportasi. Karena itu pengetahuan jasa transportasi yang tepat dapat menjembatani pemindahan barang, jasa atau penumpang antar wilayah sehingga dapat mengurangi kesenjangan produk antar wilayah dan dapat meningkatkan hubungan ekonomi yang lebih erat antar wilayah maupun negara. Jasa transportasi udara memiliki keunikan sendiri, karena transportasi udara mampu memindahkan orang ataupun barang dari tempat yang satu ke tempat yang lain dalam waktu yang terhitung singkat. Jarak antara satu kota dengan kota lainnya, satu negara dengan negara lainnya, bahkan satu benua dengan benua lainnya. Dengan demikian jika dilihat dari segi ekonomi, peranan industri transportasi sangat membantu dan bermanfaat dalm pembanguan akonomisasi ini. Kebutuhan jasa transportasi akan bertambah seiring dengann meningkatnya kegiatan ekonomi, sehingga dapat seiring sejalan dengan perkembangan yang ada.
     Karena kemajuan teknologi dalam dunia penerbangan saat ini sangat membantu dalam kelancaran kegiatan pengangkutan muatan baik pengiriman domestik, ekspor, maupun impor. Karena alat angkut udara dapat membantu proses pengiriman bang dengan cepat dan tepat dalam memenuhi kebutuhan para konsumen, apalagi kebutuhan para konsumen dalam pengiriman barang yang semakin meningkat dizaman sekarang ini. Akibatnya mobilitas pertukaran barng dan jasa menjadi sangat cepat dan tinggi Oleh karena itu saat ini banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman. Untuk itu agar perusahaan jasa pengiriman dapat mewujudkan tujuannya dan juga tujuan para konsumen, perusahaan harus didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang meliputi kemampuan, keahlian, pengetahuan, wawasan berfikir dan profesionalisme dalam melaksanakan pekerjaannya. Serta mampunyai komitmen yang meliputi kepribadian, rasa tanggung jawab, sikap dan prilaku kesetiaan terhadap perusahaan.
     Didalam suatu perusahaan pasti memiliki suatu aturan baku yang harus dipatuhi oleh seluruh karyawannya. Sedangkan dalam menjalankan usahanya, setiap perusahaan harus memiliki SOP (standar operasional prosedur) yang nantinya dapat membentuk karyawan dengan kinerja yang baik. Kinerja sendiri merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai baik perorangan maupun perusahaan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikannya. Serta merupakan suatu kondisi yang harus diketahui dan dikonfirmasikan kepada pihak tertentu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil suatu instansi dihubungkan dengan visi yang diemban suatu organisasi atau perusahaan serta mengetahui dampak positif dan negatif dari suatu kebijakan operasioanl. Dalam melakukan kerjasama antara pihak pertama dengan pihak kedua atau ketiga telah menyepakati suatu aturan yang nantinya dapat mengukur tingkat kinerja dari masing-masing pihak. Seperti halnya pada perusahaan cargo yang bekerjasama dengan agent dalam pendeliveryan barang-barangnya yang tersebar diseluruh Indonesia baik antarpulau maupun antarprovinsi dalam memudahkan proses pengambilan maupun pengantaran barang.
     Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk mengkaji lebih lanjut dan mengemukakan dlam bentuk sebuah proposal dengan judul “Analisis kinerja agent terhadap pengaruh on time delivery pada PT Antareja Prima Antaran (RPX domestic) tahun 2010-2011.”
 
  1. Perumusan Masalah
    1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis mencoba mengidentifikasi maslah sebagai berikut :
a.       Sumber daya manusia (SDM) dari pihak agent yang masih kurang terlatih
b.      Aspek komunikasi yang kurang baik dan lancar dari segi jaringan maupun personal (pribadi).
c.       On time delivery performance agent yang masih belum memenuhi standar perusahaan.
    1. Batasan Masalah
     Untuk memfokuskan permasalahan yang akan dibahas, penulis membatasi permasalahan pada proposal ini dengan hanya membahas hubungan kinerja agent yang merupakan pihak kedua terhadap pengaruh performa ketepatan waktu dalam proses pengantaran ataupun pendistriusian barang kepada pihak konsumen yang mana dlam hal ini PT Antareja Prima Antaran memiliki cabang yang dibagi menajdi 2 bagian yaitu east dan west. Dan cabang inilah yang nantinya berhubungan secara langsung kepada pihak agent yang nantinya mengetahui tingkat kinerja para agent tersebut.
    1. Pokok Permasalahan 
Adapun pokok permasalahan dalam proposal ini adalah :
a.       Mengapa SDM dari pihak agent sampai saat ini masih kurang terlatih baik secara pendidikan formal maupun kepasa praktek kerja lapangannya.
b.      Mengapa aspek komunikasi yang kurang baik dapat menjadi penghambat kegiatan operasional perusahaan
c.       Faktor-faktor apa saja yang menjadi prioritas akar permasalahan dan solusinya dalam menangani on time delivery performance agent yang masih belum memenuhi  standar perusahaan pada PT Antareja Prima Antaran tahun 2010-2011.

  1. Tujuan dan Manfaat
    1. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
a.       Mengetahui factor penyebab SDM agent yang masih kurang terlatih dan terdidik
b.      Mengetahui bentuk komunikasi yang masih kurang efektif antara pihak cabang dalam hal ini PT Antareja Prima ntaran dengan pihak agent.
c.       Faktor-faktor apa saja yang menjadi prioritas akar permasalahan dan solusinya dalam menangani on time delivery performance agent yang masih belum memenuhi standar perusahaan pada PT Antareja Prima Antaran (RPX domestik) tahun 2010-2011.
    1. Manfaat Penelitian
a.       Bagi Penulis/ mahasiswa
Manfaat penelitian bagi penulis adalah agar penulis dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah dan menambah pengetahuan serta wawasan yang lebih luas mengenai tingkat kinerja agent terhadap pengaruh on time delivery guna meningkatkan produktivitas pelayanan kepada konsumen secara umum.
b.      Bagi Perusahaan
Manfaat penelitian bagi perusahaan agar dapat menjadi sedikit masukan dan dapat dijadikan bahan evaluasi, informasi dan juga sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan terhadap masalah yang berkaitan dengan tingkat kinerja agent terhadap pengaruh on time delivery guna meningkatkan produktivitas pelayanan kepada konsumen secara umum.
c.       Bagi Lembaga (STMT Trisakti)
Manfaat penelitian bagi lembaga adalah penelitian ini dapat dijadikan sebagai pengetahuan tambahan bagi STMT trisakti, sekaligus juga sebagai salah satu acuan dan dokumentasi perpustakaan STMT Trisakti mengenai tingkat kinerja agent terhadap pengaruh on time delivery guna meningkatkan produktivitas pelayanan kepada konsumen secara umum.




  1. Metodologi Penelitian
     Dalam rangka untuk melengkapi data yang mendukung penelitian ini, maka penulis menggunakan metode sebagai berikut :
    1. Jenis dan sumber data
Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis data, yaitu :
a.       Data Primer, yaitu jenis data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perusahaan atau perorangan langsung dari objeknya. Data ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan hasil penyebaran kuesioner.
b.      Data Sekunder, yaitu jenis data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain biasanya dalam bentuk publikasi. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, literature, dan jurnal-jurnal penelitian.
    1. Teknik Pengumpulan Data
     Teknik ini merupakan prosedur yang sistematis dan standar untuk memperoleh data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data meliputi :
a.       Riset Lapangan
Yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengunjungi langsung perusahaan untuk memperoleh data primer yang diperlukan untuk penyusunan proposal. Riset ini dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yaitu :
1.   Observasi lapangan, yaitu metode penelitian dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan.


2.  Wawancara, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara memperoleh informasi secara langsung kepada orang yang bersangkutan, sehingga data-data tersebut dapat memiliki keakuratan.
3. Kuesioner/ angket, yaitu dilakukan untuk mengetahui pendapat para responden mengenai kegiatan-kegiatan perusahaan berkenaan dengan strategi pemasaran. Teknik ini dengan baik dan dapat mengungkap  hal-hal yang bersifat rahasia. Responden yang dimaksudkan dlam penelitian ini adalah sebagian pelanggan tetap pada PT Antareja Prima Antaran.
b.      Riset Kepustakaan
     Melalui riset ini diperoleh data sekunder dengan cara :
1.      Studi kepustakaan yaitu dilakukan guna mendukung data yang telah diperoleh melalui riset lapangan dan wawancara. Materi penunjang yang diperoleh dari berbagai buku acuan yang ada hubungannya dengan materi yang diperlukan dalam penulisan proposal ini.
2.      Literatur, yaitu bahan-bahan yang diperoleh dari diktat perkuliahan dan pedoman-pedoman kerja pada PT Antareja Prima Antaran maupun dalam bentuk lainnya yang dapat membantu melengkapi materi yang dibutuhkan penulis.
    1. Metode Analisis Data
     Dalam pembahasan masalah proposal ini, peneliti lebih pada menganalisis sebab akibat. Oleh karena itu peneliti menggunakan analisis fishbone (tulang ikan) dalam menganalisis permasalahan pada penelitian ini.




  1. Sistematika Penulisan
     Untuk mempermudah penulisan dalam penyampaian materi, maka sistematika dalam penulisan proposal ini terdiri dari :
BAB I        PENDAHULUAN
Pada bab ini mencakup latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penulisan, pembatasan maslah, metode penelitian dan sistematika penulisan.
            BAB II      LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis mengambil berbagai macam teori-teori dan pengertian-pengertian yang berhubungan dengan penulisan proposal ini sebagai bahan acuan
            BAB III     GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Pada bab ini dikemukakan mengenai sejarah singkat berdirinya perusahaan, organisasi dan manajemen perusahaan, serta kegiatan perusahaan
            BAB IV     ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis menganalisis dan membahas permaslahan kinerja agent terhadap pengaruh on time delivery pada PT Antareja Prima Antaran tahun 2010-2011.
            BAB V      PENUTUP
                              Pada bab ini mencakup kesimpulan dan saran.

  1. Daftar Pustaka
·                     Literature skripsi s1 STMT Trisakti
·                     Literature RPX domestik (PT Antareja Prima Antaran)
·                     Laporan bulanan KPI agent PT Antareja Prima Antaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar