ANALISIS KINERJA AGENT TERHADAP PENGARUH ON TIME DELIVERY
PADA PT ANTEREJA PRIMA ANTARAN
(RPX DOMESTIK)
TAHUN 2010-2011

NAMA :
SITI RUSTIANI (234111017)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI
JL IPN Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur 13410
Telp. (021) 8516050 – 8569350, Fax. (021)
8569340
BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Transportasi merupakan salah satu aspek
dasar dalam menentukan perkembangan di suatu negara. Karena hampir seluruh
bidang di suatu negara tidak lepas dari kegiatan transportasi. Karena itu
pengetahuan jasa transportasi yang tepat dapat menjembatani pemindahan barang, jasa
atau penumpang antar wilayah sehingga dapat mengurangi kesenjangan produk antar
wilayah dan dapat meningkatkan hubungan ekonomi yang lebih erat antar wilayah
maupun negara. Jasa transportasi udara memiliki keunikan sendiri, karena
transportasi udara mampu memindahkan orang ataupun barang dari tempat yang satu
ke tempat yang lain dalam waktu yang terhitung singkat. Jarak antara satu kota dengan kota
lainnya, satu negara dengan negara lainnya, bahkan satu benua dengan benua
lainnya. Dengan demikian jika dilihat dari segi ekonomi, peranan industri
transportasi sangat membantu dan bermanfaat dalm pembanguan akonomisasi ini.
Kebutuhan jasa transportasi akan bertambah seiring dengann meningkatnya
kegiatan ekonomi, sehingga dapat seiring sejalan dengan perkembangan yang ada.
Karena kemajuan teknologi dalam dunia
penerbangan saat ini sangat membantu dalam kelancaran kegiatan pengangkutan
muatan baik pengiriman domestik, ekspor, maupun impor. Karena alat angkut udara
dapat membantu proses pengiriman bang dengan cepat dan tepat dalam memenuhi
kebutuhan para konsumen, apalagi kebutuhan para konsumen dalam pengiriman
barang yang semakin meningkat dizaman sekarang ini. Akibatnya mobilitas
pertukaran barng dan jasa menjadi sangat cepat dan tinggi Oleh karena itu saat
ini banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman. Untuk itu
agar perusahaan jasa pengiriman dapat mewujudkan tujuannya dan juga tujuan para
konsumen, perusahaan harus didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki
kompetensi yang meliputi kemampuan, keahlian, pengetahuan, wawasan berfikir dan
profesionalisme dalam melaksanakan pekerjaannya. Serta mampunyai komitmen yang
meliputi kepribadian, rasa tanggung jawab, sikap dan prilaku kesetiaan terhadap
perusahaan.
Didalam suatu perusahaan pasti memiliki
suatu aturan baku
yang harus dipatuhi oleh seluruh karyawannya. Sedangkan dalam menjalankan
usahanya, setiap perusahaan harus memiliki SOP (standar operasional prosedur)
yang nantinya dapat membentuk karyawan dengan kinerja yang baik. Kinerja sendiri
merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai baik
perorangan maupun perusahaan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung
jawab yang diberikannya. Serta merupakan suatu kondisi yang harus diketahui dan
dikonfirmasikan kepada pihak tertentu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil
suatu instansi dihubungkan dengan visi yang diemban suatu organisasi atau
perusahaan serta mengetahui dampak positif dan negatif dari suatu kebijakan
operasioanl. Dalam melakukan kerjasama antara pihak pertama dengan pihak kedua
atau ketiga telah menyepakati suatu aturan yang nantinya dapat mengukur tingkat
kinerja dari masing-masing pihak. Seperti halnya pada perusahaan cargo yang
bekerjasama dengan agent dalam pendeliveryan barang-barangnya yang tersebar
diseluruh Indonesia
baik antarpulau maupun antarprovinsi dalam memudahkan proses pengambilan maupun
pengantaran barang.
Berdasarkan uraian diatas, penulis
tertarik untuk mengkaji lebih lanjut dan mengemukakan dlam bentuk sebuah proposal
dengan judul “Analisis kinerja agent terhadap pengaruh on time delivery pada PT
Antareja Prima Antaran (RPX domestic) tahun 2010-2011.”
- Perumusan Masalah
- Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis mencoba mengidentifikasi
maslah sebagai berikut :
a.
Sumber daya manusia (SDM) dari pihak agent yang masih
kurang terlatih
b.
Aspek komunikasi yang kurang baik dan lancar dari segi
jaringan maupun personal (pribadi).
c.
On time delivery performance agent yang masih belum
memenuhi standar perusahaan.
- Batasan Masalah
Untuk memfokuskan permasalahan
yang akan dibahas, penulis membatasi permasalahan pada proposal ini dengan
hanya membahas hubungan kinerja agent yang merupakan pihak kedua terhadap
pengaruh performa ketepatan waktu dalam proses pengantaran ataupun
pendistriusian barang kepada pihak konsumen yang mana dlam hal ini PT Antareja
Prima Antaran memiliki cabang yang dibagi menajdi 2 bagian yaitu east dan west.
Dan cabang inilah yang nantinya berhubungan secara langsung kepada pihak agent
yang nantinya mengetahui tingkat kinerja para agent tersebut.
- Pokok Permasalahan
Adapun pokok permasalahan dalam proposal ini adalah :
a.
Mengapa SDM dari pihak agent sampai saat ini masih
kurang terlatih baik secara pendidikan formal maupun kepasa praktek kerja
lapangannya.
b.
Mengapa aspek komunikasi yang kurang baik dapat menjadi
penghambat kegiatan operasional perusahaan
c.
Faktor-faktor apa saja yang menjadi prioritas akar
permasalahan dan solusinya dalam menangani on time delivery performance agent
yang masih belum memenuhi standar
perusahaan pada PT Antareja Prima Antaran tahun 2010-2011.
- Tujuan dan Manfaat
- Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
a.
Mengetahui factor penyebab SDM agent yang masih kurang
terlatih dan terdidik
b.
Mengetahui bentuk komunikasi yang masih kurang efektif
antara pihak cabang dalam hal ini PT Antareja Prima ntaran dengan pihak agent.
c.
Faktor-faktor apa saja yang menjadi prioritas akar
permasalahan dan solusinya dalam menangani on time delivery performance agent
yang masih belum memenuhi standar perusahaan pada PT Antareja Prima Antaran
(RPX domestik) tahun 2010-2011.
- Manfaat Penelitian
a.
Bagi Penulis/ mahasiswa
Manfaat penelitian bagi penulis adalah agar penulis dapat mengaplikasikan
ilmu yang diperoleh selama kuliah dan menambah pengetahuan serta wawasan yang
lebih luas mengenai tingkat kinerja agent terhadap pengaruh on time delivery
guna meningkatkan produktivitas pelayanan kepada konsumen secara umum.
b.
Bagi Perusahaan
Manfaat penelitian bagi perusahaan agar dapat menjadi sedikit masukan dan
dapat dijadikan bahan evaluasi, informasi dan juga sebagai bahan pertimbangan
dalam pengambilan keputusan terhadap masalah yang berkaitan dengan tingkat
kinerja agent terhadap pengaruh on time delivery guna meningkatkan
produktivitas pelayanan kepada konsumen secara umum.
c.
Bagi Lembaga (STMT Trisakti)
Manfaat penelitian bagi lembaga adalah penelitian ini dapat dijadikan
sebagai pengetahuan tambahan bagi STMT trisakti, sekaligus juga sebagai salah
satu acuan dan dokumentasi perpustakaan STMT Trisakti mengenai tingkat kinerja
agent terhadap pengaruh on time delivery guna meningkatkan produktivitas
pelayanan kepada konsumen secara umum.
- Metodologi Penelitian
Dalam rangka untuk melengkapi data yang
mendukung penelitian ini, maka penulis menggunakan metode sebagai berikut :
- Jenis dan sumber data
Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis
data, yaitu :
a.
Data Primer, yaitu jenis data yang dikumpulkan dan
diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perusahaan atau perorangan langsung
dari objeknya. Data ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan hasil
penyebaran kuesioner.
b.
Data Sekunder, yaitu jenis data yang diperoleh dalam
bentuk yang sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain biasanya
dalam bentuk publikasi. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, literature, dan
jurnal-jurnal penelitian.
- Teknik Pengumpulan Data
Teknik ini merupakan prosedur
yang sistematis dan standar untuk memperoleh data primer dan sekunder. Metode pengumpulan
data meliputi :
a.
Riset Lapangan
Yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengunjungi langsung
perusahaan untuk memperoleh data primer yang diperlukan untuk penyusunan
proposal. Riset ini dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yaitu :
1. Observasi
lapangan, yaitu metode penelitian dengan melakukan pengamatan secara langsung
terhadap kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan operasional
perusahaan.
2. Wawancara,
yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara memperoleh informasi secara
langsung kepada orang yang bersangkutan, sehingga data-data tersebut dapat
memiliki keakuratan.
3. Kuesioner/ angket, yaitu dilakukan untuk mengetahui
pendapat para responden mengenai kegiatan-kegiatan perusahaan berkenaan dengan
strategi pemasaran. Teknik ini dengan baik dan dapat mengungkap hal-hal yang bersifat rahasia. Responden yang
dimaksudkan dlam penelitian ini adalah sebagian pelanggan tetap pada PT
Antareja Prima Antaran.
b.
Riset Kepustakaan
Melalui riset ini diperoleh
data sekunder dengan cara :
1.
Studi kepustakaan yaitu dilakukan guna mendukung data yang
telah diperoleh melalui riset lapangan dan wawancara. Materi penunjang yang
diperoleh dari berbagai buku acuan yang ada hubungannya dengan materi yang
diperlukan dalam penulisan proposal ini.
2.
Literatur, yaitu bahan-bahan yang diperoleh dari diktat
perkuliahan dan pedoman-pedoman kerja pada PT Antareja Prima Antaran maupun
dalam bentuk lainnya yang dapat membantu melengkapi materi yang dibutuhkan
penulis.
- Metode Analisis Data
Dalam pembahasan masalah
proposal ini, peneliti lebih pada menganalisis sebab akibat. Oleh karena itu
peneliti menggunakan analisis fishbone (tulang ikan) dalam menganalisis
permasalahan pada penelitian ini.
- Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah penulisan dalam
penyampaian materi, maka sistematika dalam penulisan proposal ini terdiri dari
:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini mencakup latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan
dan manfaat penulisan, pembatasan maslah, metode penelitian dan sistematika
penulisan.
BAB
II LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis mengambil berbagai macam teori-teori dan
pengertian-pengertian yang berhubungan dengan penulisan proposal ini sebagai
bahan acuan
BAB
III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Pada bab ini dikemukakan mengenai sejarah singkat berdirinya perusahaan,
organisasi dan manajemen perusahaan, serta kegiatan perusahaan
BAB
IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis menganalisis dan membahas permaslahan kinerja agent
terhadap pengaruh on time delivery pada PT Antareja Prima Antaran tahun
2010-2011.
BAB V
PENUTUP
Pada bab ini mencakup kesimpulan dan
saran.
- Daftar Pustaka
·
Literature skripsi s1 STMT Trisakti
·
Literature RPX domestik (PT Antareja Prima
Antaran)
·
Laporan bulanan KPI agent PT Antareja Prima
Antaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar