TUGAS PROPOSAL KELOMPOK IX
PENGARUH BIAYA PROMOSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT GARUDA INDONESIA CABANG SOLO
TAHUN 2009-2011
Jepi pardamean | 2341.11.029 |
Galeh hadil P | 2341.11.030 |
Desi Natalia | 2341.11.000 |
Vega | 2341.11.000 |
Yuki piti tola | 2341.11.023 |
ALIH PROGRAM S1 MANAJEMENT TRANSPORTASI UDARA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORT TRISAKTI
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Perkembangan perusahaan penerbangan dari tahun ke tahun semakin menjadi perhatian masyarakat. Hal ini dilihatnya dari ketatnya persaingan kualitas pelayanan, harga tiket, promosi diantara sekian banyaknya perusahaan penerbangan. Peranan pesawat terbang sebagai sarana transportasi menjadi semakin penting bagi dunia yang secara langsung mendukung pariwisata dan bisnis internasional.
Semakin ketatnya persaingan produk sejenis menyebabkan banyak perusahaan berorientasi pada masalah pemasaran dan kegiatan penjualan yang perlu mendapatkan sorotan khusus. Karena kegiatan pemasaran yang akan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen akhir. Dalam melakukan pemasaran dan penjualan, perusahaan membutuhkan suatu arus informasi persuasi searah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau perusahaan kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran yang disebut promosi (Basu Swastha, 1996 ; 237).
Promosi merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pemasaran, dan sering dikatakan sebagai proses berlanjut. Ini disebabkan karena promosi dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan. Adapun pengertian dari promosi adalah “arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran” (Basu Swastha, 1996 : 237).
Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan biaya variabel sehingga untuk jenis usaha satu dengan usaha yang lainnya promosi dapat dilakukan dalam bentuk yang berbeda. Kegiatan promosi sendiri tidak terlepas dari biaya, karena berhasil tidaknya mendasarkan suatu produk tergantung keahlian marketing dan promosi, sedangkan biaya promosi itu sangat mempengaruhi hasil penjualan.
PT Garuda Indonesia Cabang Solo sebagai salah satu perusahaan jasa penerbangan berupaya bersaing dengan perusahaan–perusahaan lain yang menghasilkan produk yang sejenis. Salah satu strategi yang dilakukan perusahaan adalah melalui kegiatan promosi guna menjangkau pasar yang dilayaninya. Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan memerlukan dana tersendiri dan diharapkan dengan dana tersebut, pemasaran secara keseluruhan dapat diarahkan dan dikendalikan dengan baik dan dapat berperan secara berarti dalam mengembangkan laju penjualan.
Upaya meningkatkan volume penjualan PT Garuda Indonesia Cabang Solo dituntut untuk mempersiapkan program promosinya dengan sebaik–baiknya. Apabila pada situasi persaingan yang semakin tajam merupakan sasaran untuk dapat meningkatkan volume penjualan. Kebijaksanaan promosi dan penentuan media promosi yang akan dipakai perusahaan sangat penting agar biaya promosi bisa dikelola secara efisien.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis mengadakan penelitian dengan judul “PENGARUH BIAYA PROMOSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT GARUDA INDONESIA CABANG SOLO TAHUN 2009-2011“.
B. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut :
1. Apakah ada pengaruh biaya promosi penjualan terhadap volume penjualan pada PT Garuda Indonesia Cabang Solo?
2. Seberapa besar pengaruh biaya promosi penjualan terhadap volume penjualan pada PT Garuda Indonesia Cabang Solo?
C. TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui pengaruh biaya promosi penjualan volume penjualan pada PT Garuda Indonesia Cabang Solo.
2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh biaya promosi penjualan terhadap volume penjualan pada PT Garuda Indonesia Cabang Solo.
D. MANFAAT PENELITIAN
Penelitian ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan ekonomi khususnya dalam bidang manajemen pemasaran mengenai promosi.
2. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pihak-pihak terkait khususnya pihak PT Garuda Indonesia Cabang Solo dalam mengambil kebijaksanaan tentang promosi penjualan agar volume penjualan dapat lebih meningkat.
3. Hasil penelitian ini digunakan untuk menerapkan antara teori yang diperoleh pada waktu mengikuti kuliah dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.
E. SISTEMATIKA PENULISAN
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Perumusan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Manfaat Penelitian
1.4 Sistematika Penulisan
Bab II Telaah Kepustakaan
Bab III Metode Penelitian
Bab IV Analisis dan Pembahasan
4.1 Gambaran Objek Perusahaan
4.2 Analisis Data
Bab V Penutup
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran
Daftar Pusataka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar