Ini Gw Loh

Ini Gw Loh

Selasa, 08 November 2011

Tugas Proposal Skripsi ( Anggari Widastuti / 2341.11.010 )


TUGAS MANDIRI SEMINAR
PROPOSAL SKRIPSI


PENANGANAN AGAR TIDAK TERJADI DELAY YANG DI SEBABKAN OLEH AIR-CREW PADA PERUSAHAAN PENERBANGAN PT. METRO BATAVIA TAHUN 2010 DI BANDARA SOEKARNO-HATTA






DI SUSUN OLEH :
NAMA : ANGGARI WIDASTUTI
NIM : 2341.11.010






SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORT
(STMT) TRISAKT I – JAKARTA

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
           Dewasa ini banyak sekali yang memilih untuk menggunakan moda transportasi udara dalam melakukan perjalanan. Baik perjalan bisnis ataupun perjalanan liburan. Dengan seiring meningkatnya permintaan akan pelayanan jasa transportasi udara banyak pula pertumbuhan airline-airline  baru yang seperti  LCC (Low Cost Carrier) yang menjamur.
          Salah satunya adalah perusahaan penerbangan PT. METRO BATAVIA yang turut berpartisipasi. Pelbagai masalah pun timbul yang dapat menyebabkan ada nya delay pada suatu penerbangan. Seringkali terjadi delay pada suatu penerbangna yang di sebabkan oleh beberapa faktor. Yakni faktor internal dan faktor eksternal. Yang merupakan faktor internal adalah faktor yang di sebabkan karena operasional, manajemen, dan teknis, dsedang kan faktor eksternal bisa saja terjad karena adanya perubahan cuaca, notam di bandara tujuan, dan hal-hal lain nya.
            Salah satu faktor internal di dalam nya adalah delay yang di sebabkan oleh Air-Crew itu sendiri, mulai dari keterlambatan Air-Crew tiba di bandara, adanya Air-Crew yang memiliki schedule flight lanjutan terlambat karena perputaran schedule Aircraft atau Rotation Aircraft, Air-Crew yang mendadak sakit sehingga tidak bisa menjalankan tugas nya, dan ini juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan delay pada penerbangan.
Berdasarkan observasi yang pernah dilakukan, adanya keterlambatan penerbangan dan itu disebabkan oleh Air-Crew. Oleh sebab itu saya ingin memngangkat  masalah ini menjdai bahan skripsi sebagai persyaratan kelulusan dengan judul “ PENANGANAN AGAR TIDAK TERJADI DELAY YANG DI SEBABKAN OLEH AIR-CREW PADA PERUSAHAAN PENERBANGAN PT. METRO BATAVIA TAHUN 2010 DI BANDARA SOEKARNO-HATTA”. Dan karena ini kami ingin melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui jawabannya dan bagaimana penangan yang di lakukan divisi terkait untuk menghidari delay yang di sebabkan oleh Air-Crew.

B.     Perumusan Masalah
1.      Identifikasi Masalah
        Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan pada latar belakang masalah diatas, penulis mencoba untuk mengidentifikasi beberapa permasalahan, yaitu :
a.       Faktor – faktor yang menyebabkan delay sealin faktor eksternal , faktor internal juga merupakan penyebab delay.
b.      OTP ( On Time Performance ) yang tidak tercapai karena ketidak disipilanan Air-Crew.
c.        system yang di guanakan PT. Metro Batavia untuk mengatur schedule Air-Crew
d.      OTP yang tidak tercapai karena adanya perputaran schedule pesawat ( Rotation Aircraft )   

2.      Pembatasan Masalah
        Bedasarkan identifikasi masalah yang telah diuraikan diatas, agar tidak meluasnya permasalahan yang akan di bahas, maka penulis hanya membatasi masalah dalam ruang lingkup yang berkaitan dengan faktor delay yang di sebabkan oleh Air-Crew pada PT. Metro Batavia tahun 2010.

3.       Pokok Masalah
       Dari latar belakang permasalahan diatas diperoleh pokok masalah sebagai berikut:
a.       Bagaimana penangan divisi terkait yang dilakukan PT. Metro Batavia untuk menghindari terjadinya delay yang di sebabkan oleh Air-Crew ?
b.      Bagaiamana system yang di gunakan oleh PT. Metro Batavia dalam pengaturan jadwal terbang Air-Crew?
c.       Apakah sudah maksimal kinerja divisi terkait yakni divisi operasional dalam hal meningkatkan performance dan pencapaian OTP.

C.      TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
1.       Tujuan Penelitian
a.       Untuk mengetahui penanganan yang dilakukan divisi terkait dalam hal ini divisi tracking-scheduling dalam menagani delay karean Air-Crew.
b.      Untuk mengetahui sistem yang di gunakan oleh divisi tracking-scheduling dalam penjadwalan schedule terbang Air-Crew.
c.       Untuk mengetahui seberapa maksimal divisi tracking, operasional dalam usaha meningkatkan performance dan pencapaian OTP

2.       Manfaat Penelitian
       Manfaat atau kegunaan yang akan diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik bagi penulis, perusahaan, maupun pembaca, serta pihak yang berkaitan.
a.       Bagi Penulis
Penulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang lebih luas khususnya mengenai masalah yang diteliti yaitu penangan delay yang di sebabkan oleh Air-Crew serta untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar sarjana strata satu (S1) ekonomi jurusan Manajemen Transportasi Udara.

b.      Bagi PT. Metro Batavia (Batavia Air)
Hasil penelitian ini dapat berguna sebagai bahan referensi dan dasar pertimbangan bagi perusahaan serta untuk mengevaluasi dalam penanganan delay yang terjadi yang di sebabkan oleh Air-Crew.

c.       Bagi instansi pendidikan STMT Trisakti
Sebagai bahan untuk menambah kepustakaan dan sebagai sumbangan pemikiran serta dapat berguna untuk menjadi bahan referensi serta dapat dikritis.

D.      METODE PENELITIAN
Dalam meyusun penelitian ini
1.       Metode pengumpulan data
a.       Observasi
b.      Wawancara
c.       kepustakaan

E.       SISTEMATIK PENULISAN
Dalam menyusun skripsi ini, pembahasan dan pengkajian di klasifikasikan secara sistimatis ke dalam 5 BAB .
BAB I :           PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah yang meliputi pembatasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian serta sistematika penulisan skripsi.
                                      
BAB II :         LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis menguraikan secara umum mengenai teori-teori pendukung yang berhubungan dengan permasalahan. Hal ini dimaksudkan sebagai dasar teoritis yang akan digunakan dalam melakukan pembahasan pokok permasalahan.

BAB III :        GAMBARAN UMUM
Dalam bab ini dibahas mengenai objek penelitian, menguraikan sejarah singkat PT. Metro Batavia, struktur organisasi dan manajemen perusahaan serta kegiatan dan perkembangan perusahaan.

BAB IV :        PEMBAHASAN
ini merupakan inti dari penulisan skripsi yang akan membahas dan menjelaskan mengenai masalah-masalah yang diungkapkan dalam perumusan masalah. Masalah yang dianalisis adalah masalah yang ada dalam pokok masalah.

BAB V :         PENUTUP
Dalam bab terakhir ini, penulis mencoba untuk menarik kesimpulan dari bab IV analisis dan pembahasan, dan mencoba untuk memberikan saran - saran yang sekiranya dapat bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar