Tugas Mandiri
Seminar(Proposal)
PENINGKATAN PELAYANAN
RAMP HANDLING
PT GAPURA ANGKASA
DI BANDARA SOEKARNO HATTA
DESI
NATALIA
2341.11.011
TUGAS
MANDIRI
SEKOLAH
TINGGI MANAGEMENT TRANSPORTASI
TRISAKTI
2011
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dunia penerbangan merupakan suatu sarana pendukung yang sangat
penting, terutama bagi jasa transportasi udara saat ini, dilihat dari data
statistik bahwa perkembangan industri jasa penerbangan khususnya transportasi
udara telah mengalami pertumbuhan yang pesat. Peningkatan ini ditunjukkan dari
pertumbuhan perusahaan penerbangan yang menyediakan jasa penerbangan baik
domestik maupun internasional.
Ditinjau dari
perspektif konsumen, sehingga dapat memberikan dampak yang positif. Masyarakat
juga memperoleh keuntungan dengan makin banyaknya pilihan jasa penerbangan yang
menawarkan berbagai kemudahan, seperti pemberian pelayanan yang makin baik dan
harga tiket yang sangat bersaing, orang yang melakukan perjalanan cenderung
lebih memilih jasa transportasi udara karena faktor utama ialah kecepatan,
ketepatan waktu serta keselamatan penumpang.
Bisnis jasa khususnya
jasa transportasi udara berupaya memenuhi setiap kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu
bisnis jasa angkutan udara ini tidak hanya meliputi angkutan orang saja namun
juga angkutan barang atau kargo, dan pos.
Memasuki meningkatnya industri
penerbangan, jasa transportasi udara, merupakan komponen utama bagi jasa
transportasi utama saat ini. Banyaknya maskapai penerbangan yang bermunculan,
mengakibatkan tingkat persaingan yang makin meningkat terutama, dari aspek produk, pelayanan, dan harga.
Ruang lingkup Ground handling yaitu pada fase
atau tahap pre flight service
dan post flight service yaitu
penanganan penumpang dan pesawat selama berada di Bandar udara. Tujuan atau
sasaran dari Ground handling sendiri
adalah Safety (keselamatan), Reliability (keandalan), Ontime performance (tepat waktu), Customer satisfication (kepuasan
pelanggan).
Berdasarkan hal
tersebut penulis tertarik untuk membahas kegiatan yang ada di ramp handling sehingga mengemasnya
dengan judul “PENINGKATAN PELAYANAN RAMP HANDLING PT GAPURA ANGKASA DI BANDARA
SOEKARNO HATTA”.
B.
Perumusan Masalah
1. Indentifikasi
Masalah
Berdasarkan yang sudah di bahas pada latar
belakang di atas penulis mencoba untuk mengidentifikasi sehubungan dengan
masalah yang temui khususnya pelayananan ramp handling, yaitu:
a. Pelayanan yang di berikan
PT Gapura Angkasa sebagai penyedia jasa Ground
Handling
b. Faktor keamanan dan
keselamatan penerbangan terhadap kegiatan Ramp
Handling
c. Faktor keselamatan
petugas Ramp dispatcher
2. Pembatasan Masalah
Berdasarkan
identifikasi masalah penulis membatasi masalah berdasarkan aspek atau faktor
yang diamati berdasarkan prosedur kerja yang diberlakukanoleh perusahaan PT
Gapura Angkasa khususnya di unit Ramp Handling
3. Pokok Masalah
Adapun pokok
permasalahan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah:
a. Petugas yang masih
belum mengetahui prosedur kerja
b. Adanya faktor cuaca berdampak pada pemadaman
lampu hal ini menyebabkan
komunikasi menjadi terhambat
c. Alat
komunikasi Hand talky(HT) yang digunakan petugas Ramp handling tidak berfungsi dengan
baik
C.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
a. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk
mengetahui faktor utama serta kendala
yang dihadapi baik dari faktor internal maupun eksternal khususnya pada
kegiatan Ramp handling di PT Gapura
Angkasa Cabang Soekarno Hatta. Pelayanan pada kegiatan Ramp handling yang ditangani oleh petugas Ramp
Coordinator/Dispatcher, sehingga kegiatan yang dilakukan sesuai dengan Standard operating procedure(SOP).
b.
Meningkatkan sarana dan prasarana pada unit ramp handling di PT Gapura Angkasa
c. Untuk
mengetahui penyebab kurangnya kedisplinan petugas Ramp handling
2. Manfaat Penelitian
Penulis berharap Laporan Tugas Akhir ini
dapat bermanfaat:
a. Bagi penulis:
Penulis dapat mengetahui, seberapa
pentingkah peningkatan pelayanan yang diberikan oleh petugas ramp dispatcher pada saat melaksanakan
kegiatan di lapangan
b. Bagi perusahaan:
Laporan tugas
akhir ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan pelayanan
terutama SDM agar perusahaaan lebih berkembang
c. Bagi pendidikan STMT:
Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan
bacaan yang ada di perpustakaan sekaligus untuk menambah pengetahuan bagi
pembaca
D. Metodologi Penelitian
1. Metode Pengumpulan
data
A. Penelitian Lapangan(field research) metode ini digunakan
untuk mendapatkan data terhadap objek penelitian antara lain:
a.1). Observasi(Pengamatan), yaitu metode
pengumpulan data yang dengan melihat dan mengamati terhadap kegiatan di perusahaan
PT Gapura Angkasa
a.2). Wawancara, yaitu mencari informasi dengan
tanya jawab terhadap pihak-pihak yang menjadi objek penelitian
a.3). Kuisioner, yaitu Pengumpulan data berdasarkan informasi yang
didapat dengan mengajukan beberapa pertanyaan
2. Penelitian Kepustakaan(library research)
Penelitian Kepustakaan(library research) adalah metode yang
informasi di dapat berdasarkan sumber-sumber berkaitan dengan laporan tugas
akhir
E. Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam
memberikan gambaran serta
mengetahui dengan jelas isi laporan tugas akhir ini, penulis menyusun
dengan cara membagi dalam beberapa
bab-bab sebagai berikut.
BAB I: PENDAHULUAN
Bab
I ini menjelaskan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan
manfaat penelitian sesuai dengan penulisan sistematika penulisan skripsi
BAB II. LANDASAN
TEORI
Bab
II ini menjelaskan landasan teori pengertian Ground Handling dan ruang lingkup Ground Handling tanggung jawab di unit Ramp handling
BAB
III. GAMBARAN UMUM
Bab
III ini menjelaskan informasi gambaran umum sejarah singkat PT Gapura Angkasa
dan awal terbentuknya
BAB
IV. ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini penulis mencoba menganalisis sekaligus membahas
peningkatan pelayanan petugas ramp dispatcher untuk unit ramp handling
BAB V. PENUTUP
Bab
ini penulis mencoba mengambil kesimpulan serta memberikan saran-saran kepada PT
Gapura Angkasa demi kemajuan perusahaan
E.
DAFTAR PUSTAKA
ass,perkenalkan saya m z ramdhani taruna STTKD jogja, bolekah saya mengetahui tentan SOP Quick handling di Operational Gapura?, trmks
BalasHapusWah bermanfaat sekali pembahasanya demi keselamatan dispatcher dan berkembangnya perusahaan gapura angkasa
BalasHapusKak boleh minta pdf.nya?
BalasHapus