Ini Gw Loh

Ini Gw Loh

Minggu, 06 November 2011

PENINGKATAN PELAYANAN RAMP HANDLING PT GAPURA ANGKASA DI BANDARA SOEKARNO HATTA



Tugas Mandiri Seminar(Proposal)


PENINGKATAN PELAYANAN
RAMP HANDLING
PT GAPURA ANGKASA
DI BANDARA SOEKARNO HATTA





DESI NATALIA
2341.11.011
TUGAS MANDIRI



SEKOLAH TINGGI MANAGEMENT TRANSPORTASI
TRISAKTI
2011




                                                             BAB 1
                                                   PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dunia penerbangan  merupakan suatu sarana pendukung yang sangat penting, terutama bagi jasa transportasi udara saat ini, dilihat dari data statistik bahwa perkembangan industri jasa penerbangan khususnya transportasi udara telah mengalami pertumbuhan yang pesat. Peningkatan ini ditunjukkan dari pertumbuhan perusahaan penerbangan yang menyediakan jasa penerbangan baik domestik maupun internasional.
Ditinjau dari perspektif konsumen, sehingga dapat memberikan dampak yang positif. Masyarakat juga memperoleh keuntungan dengan makin banyaknya pilihan jasa penerbangan yang menawarkan berbagai kemudahan, seperti pemberian pelayanan yang makin baik dan harga tiket yang sangat bersaing, orang yang melakukan perjalanan cenderung lebih memilih jasa transportasi udara karena faktor utama ialah kecepatan, ketepatan waktu  serta  keselamatan penumpang.
Bisnis jasa khususnya jasa transportasi udara berupaya memenuhi setiap  kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu bisnis jasa angkutan udara ini tidak hanya meliputi angkutan orang saja namun juga angkutan barang atau kargo, dan pos.  Memasuki meningkatnya  industri penerbangan, jasa transportasi udara, merupakan komponen utama bagi jasa transportasi utama saat ini. Banyaknya maskapai penerbangan yang bermunculan, mengakibatkan tingkat persaingan yang makin meningkat terutama,  dari aspek produk, pelayanan, dan harga.
 Ruang lingkup Ground handling yaitu pada fase  atau tahap pre flight service dan post flight service yaitu penanganan penumpang dan pesawat selama berada di Bandar udara. Tujuan atau sasaran dari Ground handling sendiri adalah Safety (keselamatan), Reliability (keandalan), Ontime performance (tepat waktu), Customer satisfication (kepuasan pelanggan).
Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk membahas kegiatan yang ada di ramp handling sehingga mengemasnya dengan judul “PENINGKATAN PELAYANAN RAMP HANDLING PT GAPURA ANGKASA DI BANDARA SOEKARNO HATTA”.
B. Perumusan Masalah
1. Indentifikasi Masalah
    Berdasarkan yang sudah di bahas pada latar belakang di atas penulis mencoba untuk mengidentifikasi sehubungan dengan masalah yang temui khususnya pelayananan ramp handling, yaitu:
a. Pelayanan yang di berikan PT Gapura Angkasa sebagai penyedia jasa Ground Handling
b. Faktor keamanan dan keselamatan penerbangan terhadap kegiatan Ramp Handling
c. Faktor keselamatan petugas Ramp dispatcher  
2. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah penulis membatasi masalah berdasarkan aspek atau faktor yang diamati berdasarkan prosedur kerja yang diberlakukanoleh perusahaan PT Gapura Angkasa khususnya di unit Ramp Handling
3. Pokok Masalah
Adapun pokok permasalahan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah:
a. Petugas yang masih belum mengetahui prosedur kerja
b. Adanya faktor cuaca berdampak pada pemadaman lampu hal ini menyebabkan        komunikasi menjadi terhambat
c.  Alat komunikasi Hand talky(HT) yang digunakan petugas Ramp handling tidak berfungsi dengan baik

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
   a. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui faktor utama serta kendala  yang dihadapi baik dari faktor internal maupun eksternal khususnya pada kegiatan Ramp handling di PT Gapura Angkasa Cabang Soekarno Hatta. Pelayanan pada kegiatan Ramp handling yang ditangani oleh petugas Ramp Coordinator/Dispatcher, sehingga kegiatan yang dilakukan  sesuai dengan Standard operating procedure(SOP).
      b. Meningkatkan sarana dan prasarana pada unit ramp handling di PT Gapura Angkasa
      c. Untuk mengetahui penyebab kurangnya kedisplinan petugas Ramp handling
2. Manfaat Penelitian
    Penulis berharap Laporan Tugas Akhir ini dapat bermanfaat:
  a. Bagi penulis:                  
Penulis dapat mengetahui, seberapa pentingkah   peningkatan   pelayanan yang diberikan oleh petugas ramp dispatcher pada saat melaksanakan kegiatan di lapangan
  b. Bagi perusahaan:            
Laporan tugas akhir ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan pelayanan terutama SDM agar perusahaaan lebih berkembang
  c. Bagi pendidikan STMT:
 Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan bacaan yang ada di perpustakaan sekaligus untuk menambah pengetahuan bagi pembaca

D. Metodologi Penelitian
1. Metode Pengumpulan data
A. Penelitian Lapangan(field research) metode ini digunakan untuk mendapatkan data terhadap objek penelitian antara lain:
a.1). Observasi(Pengamatan), yaitu metode pengumpulan data yang dengan melihat dan mengamati terhadap kegiatan di perusahaan PT Gapura Angkasa
a.2). Wawancara, yaitu mencari informasi dengan tanya jawab terhadap pihak-pihak yang menjadi objek penelitian
a.3). Kuisioner, yaitu  Pengumpulan data berdasarkan informasi yang didapat dengan mengajukan beberapa pertanyaan
2. Penelitian  Kepustakaan(library research)
Penelitian Kepustakaan(library research) adalah metode yang informasi di dapat berdasarkan sumber-sumber berkaitan dengan laporan tugas akhir








E. Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam  memberikan gambaran serta  mengetahui dengan jelas isi laporan tugas akhir ini, penulis menyusun dengan cara  membagi dalam beberapa bab-bab sebagai berikut.

BAB I:        PENDAHULUAN
Bab I ini menjelaskan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian sesuai dengan penulisan sistematika penulisan skripsi

BAB II.           LANDASAN TEORI
Bab II ini menjelaskan landasan teori pengertian Ground Handling dan ruang lingkup Ground Handling tanggung jawab di unit Ramp handling
              
BAB III.          GAMBARAN UMUM
Bab III ini menjelaskan informasi gambaran umum sejarah singkat PT Gapura Angkasa dan awal terbentuknya

BAB IV.          ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini penulis mencoba menganalisis sekaligus membahas peningkatan pelayanan petugas ramp dispatcher untuk unit ramp handling 

BAB V.         PENUTUP
  Bab ini penulis mencoba mengambil kesimpulan serta memberikan saran-saran kepada PT Gapura Angkasa demi kemajuan perusahaan

E. DAFTAR PUSTAKA



3 komentar:

  1. ass,perkenalkan saya m z ramdhani taruna STTKD jogja, bolekah saya mengetahui tentan SOP Quick handling di Operational Gapura?, trmks

    BalasHapus
  2. Wah bermanfaat sekali pembahasanya demi keselamatan dispatcher dan berkembangnya perusahaan gapura angkasa

    BalasHapus