Ini Gw Loh

Ini Gw Loh

Minggu, 06 November 2011

Tugas Seminar Proposal Mellyana Fransiska



PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN PADA JASA PENERBANGAN
PT. SRIWIJAYA AIR DI SURABAYA
TAHUN 2008 – 2009










Nama                   : Mellyana Fransiska 
NIM                     : 234. 111. 012 
Jurusan               :  S1 AP MTU

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORT
TRISAKTI
2011





BAB I
PENDAHULUAN



1.1       Latar Belakang
Sektor jasa berperan penting bagi keberhasilan dalam menjalankan suatu perekonomian dengan baik, dan berfungsi sebagai fasilitator dari kegiatankegiatan produksi barang sektor manufaktur. Jasa dalam perekonomian secara mutlak diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Jasa yang dapat dinikmati masyarakat semakin meningkat jumlah dan jenisnya, dan salah satunya adalah jasa infrastruktur seperti transportasi. Menurut lingkup pemasaran jasa, transportasi termasuk bentuk jasa dengan tindakan nyata yang diarahkan kepada pelanggan yang mengarah kepada fisik manusia.
Adanya peningkatan jumlah penduduk yang terjadi di Indonesia diiringi dengan mobilitas penduduk di kota besar untuk melakukan perjalanan baik itu lewat udara, laut maupun darat yang cukup tinggi. Hal ini menyebabkan banyak bermunculan jasa-jasa transportasi, baik itu lewat udara, laut maupun darat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang cukup tinggi itu. Di indonesia yang merupakan wilayah kepulauan yang memiliki 17.508 pulau (Nasution, 1996) terbentang dari sabang sampai merauke antara satu pulau dengan pulau yang lain dipisahkan oleh laut. Transportasi sangat memegang peranan penting untuk menunjang mobilitas penduduk dan barangnya. Oleh karena itu pembangunan transportasi ditujukan untuk mewujudkan transportasi nasional yang terpadu, tertib, lancar, aman, nyaman, cepat, terjangkau, efektif dan efisien. Sehingga dilihat dari segi manapun pembangunan transportasi harus didahulukan dari bidang-bidang lain. Apalagi untuk dunia bisnis modern seperti sekarang ini dimana pengangkutan selalu didahulukan dalam perecanaannya dan kenyataan kehidupan manusia selalu tergantung dari pengangkutan. Dapat dibayangkan manusia tanpa pengangkutan akan menimbulkan keresahan dalam kehidupan.
Dengan banyaknya maskapai penerbangan akhir-akhir ini dibutuhkan suatu strategi untuk dapat bertahan dalam persaingan ini. Kualitas layanan adalah salah satu yang diandalkan oleh perusahaan jasa seperti maskapai penerbangan, buruknya kualitas jasa atau manajemen jasa yang diberikan perusahaan kepada para pelanggan akan mengakibatkan kerugian bagi para perusahaan.
Fuadati (2006; 90) menyatakan bahwa pelayanan merupakan proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain yang langsung dan pada hakikatnya adalah serangkaian kegiatan karena itu merupakan proses menyangkut segala usaha yang dilakukan oleh seseorang oleh seseorang dalam rangka mencapai tujuan. Kondisi persaingan antar maskapai penerbangan yang semakin kompetitif mengharuskan setiap maskapai penerbangan mengkaji ulang strategi yang digunakannya agar tidak kehilangan pelanggannya dan demi mencapai keungulan daya saing yang berkelanjutan. Tak semua pelanggan yang kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan akan menyampaikan keluhannya. Kenyataannya banyak pelanggan yang tidak puas secara diam-diam beralih kepada orang lain sehingga akan mempengaruhi calon pelanggan baru yang sebelumnya berminat untuk memilih jasa tersebut dan mengalihkan pilihannya kepada perusahaan pesaing. Dalam jangka panjang dampaknya akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan.
Fuadati (2006; 94) menyatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Hubungan antara kualitas layanan dengan kepuasan pelanggan seperti yang dinyatakan oleh Boone dan Kurtz (1995: 439) bahwa kualitas layanan menentukan kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan. Masalah yang dihadapi oleh pihak PT. Sriwijaya Air ditunjukkan oleh adanya keluhan para pelanggan terhadap kualitas layanan yang diberikan. Pada saat keberangkatan pesawat yang kadang-kadang tanpa adanya informasi yang kurang  jelas, dirubah jadwalnya keberangkatan atau biasa disebut delay. Untuk tahun 2009, PT. Sriwijaya Air dengan jurusan Surabaya - Makasar telah terjadi 80-85 kali delay. Untuk delay terbanyak tahun 2009 terjadi pada bulan Juni sebanyak 13 kali, hingga ke masalah bagasi dengan adanya barang yang overload sehingga akhirnya barang terebut hilang dan pihak PT. Sriwijaya Air tidak tanggap dalam menghadapi hal tersebut. Dengan adanya kekurangan-kekurangan yang terjadai pada maskapai penerbangan PT. Sriwijaya Air tersebut diharapkan pelayanan yang akan datang dapat diperbaiki lagi. Untuk memahami adanya perilaku pelanggan bukan satu hal yang mudah dikarenakan adanya faktor - faktor yang berpengaruh dimana faktor tersebut saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Masalah ketidakpuasan pelanggan terhadap kualitas layanan pada maskapai penerbangan PT. Sriwijaya Air diperkuat dengan data tingkat kepuasan jasa penerbangan di Indonesia Pada Tahun 2008 – 2009. Terjadinya penurunan kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa penerbangan di Indonesia merupakan fenomena yang harus segera diselesaikan dan dicari penyebabnya. Banyak hal yang menjadi penyebab dari hal tersebut, salah satunya adalah semakin menurunnya tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak PT. Sriwijaya Air kepada pelanggannya. Berdasarkan uraian tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dan kajian yang lebih mendalam tentang hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan untuk kemudian dijadikan sebagai penelitian dengan judul “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa penerbangan PT. Sriwijaya Air di Surabaya”.

1.2       Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka perumusan masalahdalam penelitian ini adalah: Apakah kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan menggunakan jasa penerbangan PT. Sriwijaya Air di Surabaya ?

1.3       Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah di atas, maka tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan menggunakan jasa penerbangan PT. Sriwijaya Air di Surabaya.

1.4       Manfaat Penelitian
Hasil yang diperoleh diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak-pihak yang berkepentingan dan berhubungan dengan obyek penelitian antara lain :
1. Bagi Peneliti
Untuk menambah wawasan dan pengalaman secara praktik di bidang pemasaran khususnya mengenai teoritik tentang kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.
2. Bagi Organisasi
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang menjadikan pertimbangan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.
3. Bagi Universitas
Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat dan menambah perbendaharaan perpustakaan serta sebagai bahan perbandingan bagi rekan-rekan mahasiswa yang mengadakan penelitian dengan masalah yang sama di masa yang akan datang.

1.5       Metodologi Penelitian
1. Jenis dan Sumber Data
Jenis Data
Dalam penelitian ini jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dalam bentuk angket dan data kuantitatif dalam bentuk skor dari data kualitatif atau angket. Sedangkan sumber data berasal dari data Primer dan data Skunder. Data Primer adalah data yang diperoleh lansung dari pelanggan berupa jawaban terhadap pertanyaan dalam kuesioner. Data Skunder adalah data yang diperoleh melalui data yang telah diteliti dan dikumpulkan oleh pihak lain ( J. Supranto, 2001:239 )
2. Populasi dan Sampel
a.       Populasi
Yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh agent PT. Sriwijaya Air di kota Surabaya tahun 2008 – 2009.
b.      Sampel
Data dikumpulkan dengan cara mengambil sampel secara acak. Sampel penelitian meliputi sejumlah responden yang lebih besar dari persyaratan minimal sebanyak 30 responden ( J. Supranto, 2001:239 )

1.6       Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan skripsi dibuat untuk mempermudah pembaca dalam memahami isi skripsi secara keseluruhan, penyusunan skripsi ini dibagi dalam lima bab, yaitu :


BAB I :           PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah yang meliputi pembatasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian serta sistematika penulisan skripsi.

BAB II :         LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis menguraikan secara umum mengenai teori-teori pendukung yang berhubungan dengan permasalahan. Hal ini dimaksudkan sebagai dasar teoritis yang akan digunakan dalam melakukan pembahasan pokok permasalahan.

BAB III :        GAMBARAN UMUM
Dalam bab ini dibahas mengenai objek penelitian, menguraikan sejarah singkat PT. Sriwijaya Air, struktur organisasi dan manajemen perusahaan serta kegiatan dan perkembangan objek perusahaan.

BAB IV :        PEMBAHASAN
Bab ini merupakan inti dari penulisan skripsi yang akan membahas dan menjelaskan mengenai masalah-masalah yang diungkapkan dalam perumusan masalah. Masalah yang dianalisis adalah masalah yang ada dalam pokok masalah.

BAB V :         PENUTUP
Dalam bab terakhir ini, penulis mencoba untuk menarik kesimpulan dari bab IV analisis dan pembahasan, dan mencoba untuk memberikan saran - saran yang sekiranya dapat bermanfaat.









DAFTAR PUSTAKA

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Malhotra, Naresh. 2005. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Widayat. 2004. Metode Penelitian Pemasaran. Malang: Universitas Muhammadiyah
Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar