Ini Gw Loh

Ini Gw Loh

Jumat, 11 November 2011

TUGAS MANDIRI PROPOSAL SKRIPSI MARZON TRIMEN

MARZON TRIMEN
NIM

2343-11-010



B A B  I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG

Dunia pelayaran sejak zaman dulu sampai sekarang mengalami perkembangan secara signifikan dari berbagai aspek, antara lain aspek teknologi pembangunan kapal, aspek manajemen perusahaan pelayaran, aspek manajemen sistem bongkar muat/muat barang dari/ ke kapal.

Pelayaran niaga memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan perdagangan, terutama perdagangan internasional, sebagaimana terkait dalam statistik ternyata pengangkutan barang-barang import dan eksport negara-negara maritim 85% diangkut dengan menggunakan transportasi laut, hal tersebut dipengaruhi oleh dua faktor yang utama :
  1. Kapal merupakan sarana transportasi yang mampu mengangkat muatan dalam jumlah yang sangat besar dan jenis muatan yang beragam.
  2. Biaya pengangkutan barang dengan menggunakan angkutan laut lebih murah, jika dibandingkan dengan menggunakan angkutan laut dan darat.
Tingginya jumlah permintaan atas penggunaan jasa angkutan laut membuat industri pelayaran (shipping industry) berkembang pesat, sebagaimana dapat dilihat dengan semakin maraknya jumlah perusahaan pelayaran yang didirikan di Indonesia dan semakin luasnya wilayah operasi kapal laut dalam kegiatan pengelolahan jasa angkutan laut. Peranan awak kapal sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan dari pelayaran itu sendiri sehingga dibutuhkan awak kapal yang terampil dan handal serta mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya diatas kapal sesuai dengan fungsi jabatannya di atas kapal.
Dalam perkembangan suatu perusahaan pelayaran, sumber daya manusia (SDM) merupakan aset yang paling berharga karena sumber daya manusia merupakan sarana untuk menjalankan seluruh kegiatan perusahaan. Disamping modal yang besar, mengikuti teknologi muktahir serta fasilitas yang canggih dan lengkap juga harus ditunjang oleh sumber daya manusia yang bermutu dan profesional untuk menjamin kelancaran aktivitas.
Manajemen suatu perusahaan pelayaran akan dinilai berhasil baik, apabila armada laut perusahaan itu siap digunakan sewaktu-waktu. Sedangkan manajemen perusahaan pelayaran juga dapat dinilai baik jika muatan yang akan diangkut oleh perusahaan itu tersedia dengan jumlah melimpah di suatu pelabuhan.
Kurangnya pengetahuan awak kapal dalam pelaksaan prosedur manajemen keselamatan ( safety procedure ), seringkali menimbulkan masalah yang dapat mengganggu produktivitas awak kapal dan kegiatan pelayaran, salah satunya adalah kecelakaan kerja yang dapat menimbulkan kerugian terhadap perusahaan pelayaran dan terhadap awak kapal itu sendiri.
Berdasarkanpada kondisi diatas penulis tertarik untuk menyusun proposal skripsi ini dengan judul “ UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN AWAK KAPAL GUNA MEMINIMALISIR JUMLAH KECELAKAAN KERJA PADA KAPAL DI PT.ANDHIKA LINES “.

B.   PERUMUSAN MASALAH
1.    Identifikasi Masalah
Berdasarkan pada latar belakang yang telah dikemukan maka dalam proposal ini dapat menguraikan perumusan masalah yang akan dianalisa oleh penulis, adalah :
a.    Apa yang menyebabkan meningkatnya jumlah kecelakaan kerja pada kapal yang dioperasikan oleh PT. Andhikan Lines?
b.    Bagaimana pengetahuan awak kapal tentang kecelakaan kerja kapal di atas kapal?
2.    Pembatasan Masalah dan Asumsi

Dalam penulisan skripsi ini penulis membatasi masalah tentang penyebab terjadinya kecelakaan kerja yang menimpa awak kapal yang bekerja pada kapal PT.Andhika Lines.

3.    Pokok Permasalahan

a.    Mengapa jumlah kecelakaan kerja pada kapal yang dioperasikan oleh PT.Andhika Lines begitu tinggi?
b.    Apakah kurangnya pengetahuan awak kapal dapat dijadikan penyebab kecelakaan kerja pada kapal yang dioperasikan PT.Andhika Lines.
c.    Apakah kurangnya peralatan keselamatan kerja di kapal dapat menjadi penyebab tingginya tingkat kecelakaan kerja di kapal? 

C. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

1.    TUJUAN PENELITIAN
a.    Untuk mengetahui dan menganalisa penyebab meningkatnya jumlah kecelakaan kerja di atas kapal.
b.    Untuk mengetahui pengetahuam awak kapal-kapal tentang kecelakaan kerja.

2.    KEGUNAAN PENELITIAN
a.    Sebagai masukkan yang positif dan sebagai alternatif solusi dari masalah yang dihadapi PT.Andhika Lines dalam upaya menekan jumlah kecelakaan diatas kapal.
b.    Sebagai sumber informasi bagi komunitas pelaut tentang pentingnya keselamatan kerja di atas kapal.


D. METODOLGI PENELITIAN
1.    Jenis dan Sumber Data

Data yang diambil dengan melakukan penelitian dan pengumpulan data pada PT.Andhika Lines, Jakarta yang dilakukan sendiri oleh penulis penilitian.

2.    Tehnik Pengumpulan Data

Keseluruhan data dan informasi yang diperoleh dalam melakukan penelitian terhadap upaya perusahaan untuk menekan jumlah kecelakaan diatas kapal, bersumber pada data yang ada di PT.Andhika Lines, data – data yang diperoleh menggunakan data yang berupa : 

A.   Wawancara
Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab dan diskusi dengan pihak-pihak yang pernah mengalami atau menyaksikan terjadinya kecelakaan kerja diatas kapal, dalam hal ini dengan cara melakukan tanya jawab dengan para karyawan atau awak yang bekerja di kapal – kapal yang dioperasikan oleh PT.ANDHIKA LINES JAKARTA, mengenai sebab-sebab terjadinya kecelakaan kerja di atas kapal, serta mendokumentasikan pengalaman-pengalaman tersebut sebagai sumber data.
B.   Observasi

Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara membaca dan melihat secara langsung dokumen-dokumen yang berkaitan dengan topik yang dianalisis, dokumen-dokumen tersebut antara lain, laporan-laporan kecelakaan kapal ( statement of fact ) yang diterima oleh perusahaan.

C.   Questioner
Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan bertanya kepada karyawan atau awak yang pernah mengalami kecelakaan kerja pada kapal-kapal yang dijalankan oleh perusahaan PT.Andhika Lines Jakarta.
3.    Populasi dan Sample
Populasi yang diteliti oleh penulis adalah kecelakaan yang menimpa awak kapal yang dioperasikan oleh PT.Andhika Lines Jakarta.


4.    Tehnik  Analisa  Data

Metode yang digunakan untuk menganalisis data-data dalam pembuatan skripsi ini adalah metode deskriptif, dimana penulis melakukan analisis dengan cara mengkaji data-data otentik perusahaan yang berkaitan dengan topik yang dianalisis oleh penulis.

E.   SISTEMATIKA PENULISA SKRIPSI

Dalam penyusunan skripsi yang berpedoman pada sistem penulisan yang telah disusun dan disesuaikan, yaitu :

Bab 1 : LATAR BELAKANG
  Pada bab ini penulis menjelaskan tentang kondisi dan masalah yang dihadapi serta alasan ketertarikkan penulis menganalisa judul yang ditulis oleh penulis dan manfaat dari karya tulis ini.

Bab 2 : LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis memaparkan penjelasan-penjelasan mengenai teori-teori yang ada kaitannya dengan topik yang dibahas oleh penulis, dengan menggunakan sumber-sumber data yang diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan topik pembahasan penulis.

 Bab 3 : METODE PENELITIAN
Pada bab ini penulis menyajikan waktu dan tempat penelitian dan tehnik penulisan yang digunakan oleh penulis dalam pengumpulan data, serta memberikan sampel yang berkaitan dengan topik yang dibahas oleh penulis.



Bab 4 : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini penulis menyajikan data-data yang diambil dari lapangan yang berupa survei dan analisis data yang didapatkan pada waktu penulis melaksanakan proyek darat pada PT.Andhika LINES Jakarta dan dalam analisis data tersebut dicari penyebab masalah serta memberikan alternatif pemecahan masalah dan melakukan evaluasi terhadap alternatif pemecahan masalah yang ditemukan.

Bab 5 : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini penulis menyajikan jawaban terhadap masalah dari penelitian yang telah dibuat berdasarkan hasil analisis penulis mengenai topik yang dibahas, serta memberikan kesimpulan dan saran dari hasil yang pada dasarnya merupakan hasil penelitian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar