Ini Gw Loh

Ini Gw Loh

Senin, 07 November 2011

TUGAS PROPOSAL SKRIPSI - YONARDO (2341-11-024)

Nama  : Yonardo (2341-11-024)
Matkul : Seminar
Dosen  : Bpk Osman Arofat
Jurusan : AP MTU STMT Trisakti 2011

PROPOSAL SKRIPSI
ANALISIS KINERJA LOAD CONTROL DALAM PEMBUATAN WEIGHT & BALANCE DALAM MENGOPTIMALKAN ON TIME PERFORMANCE PADA PT GAPURA ANGKASA BANDARA ADI SOEMARMO SOLO
TAHUN 2011

A.     Latar Belakang Masalah
Kegiatan operasional pada suatu perusahaan memang menjadi pokok utama dalam peraihan target yang ingin di capai. Ini berlaku untuk setiap perusahaan terutama yang cakupannya berada di area pelayanan termasuk perusahaan penerbangan menjadi costumer langsungnya. Oleh karena itu hampir semua perusahaan penerbangan mensubkontrakkan pekerjaan operasional penanganan daratnya kepada perusahaan penyedia jasa ground handling. Hal ini disebabkan karena mengingat pentingnya perusahaan melakukan strategi efiesiensi di satu pihak, dan kemampuan yang sangat memadai dari perusahaan penyedia jasa ground handling di pihak lainnya. Kenyataan ini semakin mendorong tumbuh kembangnya perusahaan ground handling di Indonesia, guna meningkatkan kualitas layanan di satu sisi dan memperluas pasarannya di sisi lainnya.
Dalam perkembangannya ground handling mempunyai konsekuensi terhadap peningkatan seluruh kegiatan ground handling di Bandar udara, sehingga harus diimbangi keseluruhannya dengan memperhatikan empat aspek penting, yaitu : keselamatan, ketepatan waktu, kepuasan pelanggan/penumpang serta keandalan dari segi sumber daya manusia. Dengan ini maka perlu perdiapan dari segala sisi seperti kesiapan fasilitas penunjang, baik yang berkaitan secara langsung dengan penerbangan, maupun tidak berkaitan secara lengsung serta perusahaan pun dituntut untuk selalu peka terhadap lingkungan internal dan elsternal perusahaan. Menyadari bahwa perusahan ini sangat kompleks dalam penyelanggaraanya maka diharapkan dapat mendapatkan suatu pengakuan dalam bentuk reputasi dari pihak internasional.
Dalam hal ini PT. Gapura Angkasa sebagai salah satu perusahaan penerbanganm yang bergerak dalam aircraft ground handling dan airport service, merupakan suatu jenis usaha produksi jasa disamping memerlukan peralatan khusus, juga memerlukan dukungan sumber daya manusia yang mempunyai kualifikasi di bidang airline business secara professional, memiliki mobilitas, kreativitas, dan sensitivitas yang tinggi, karena tantangan yang selalu akan dihadapi adalah tuntutan dinamis yang ditentukan oleh setiap perusahaan penerbangan agar diperoleh ketepatan dalam pengambilan keputusan guna memenuhi aspek keselamatan yang memamng di tuntut.
Kegiatan ini dengan pemenuhan ketepatan dan keselamatan perlu untuk semua kegiatan penanganan darat yang dilakukan oleh petugas groun handling mulai dari penanganan penumpang di area terminal, lalu penanganan barang kargo di area cargo, serta penanganan kegiatan operasi di area apron. Semua penanganan memiliki prosedur kegiatan yang berbeda-beda, tergantung bagian-bagian kegiatan dibawah masing-masing area penangannya. Seperti load control adalah unit yang menerima data-data pesawat dan muatan dari beberapa bagian yang terkait yang kemudian harus dihitung untuk mendapatkan bobot dan keseimbangan pesawat (weight and balance) yang optimum sesuai waktu yang ditentukan untuk memperoleh on time performance dengan mengacu pada aspek safety.
Dalam upaya menjalankan kegiatan tersebut, terdapat 3 (tiga) unsure yang perlu diperhatiakn. Pertama adalah prasarana atau peraltan dan fasilitas kerja, kedua sumber daya manusia/tenaga kerja yang berkompeten dan memiliki kemampuan untuk melakukan perhitungan dengan teliti, ketiga penggunaan manajemen waktu untuk penyesuaian waktu yang ada agar optimal dalam pelaksanaannya. Ketiganya harus dilaksanakan atau dijalankan sesuai dengan fungsinya dengen memaksimalkan penggunaannya demi tercapainya tujuan on time performance dengan memenuhi aspek keselamatan karena kletiganya saling terkait satu sama lain untuk dapat mencapai hal tersebut. Dari uraian di atas penulis merasa tertarik membuat penulisan laporan tugas akhir dengan judul “Analisis Kinerja Load Control dalam Pembuatan Weight & Balance dalam mengoptimalkan on time performance pada PT. Gapura Angkasa Bandara Adi Soemarmo Solo Tahun 2011”.


B.      Perumusan Masalah

1.      Indentifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, maka dapat diidentifikasi masalah yang terjadi :
a.      Kinerja load control dari segi waktu belum optimal
b.      Kedisiplinan pegawai dalam lingkungan kerja unit load control belum efektif
c.       Fasilitas dan alat pendukung kurang memadai
d.      Ketelitian & ketepatan waktu yang belum optimal

2.      Pembatasan Masalah
Agar pembahasan tidak meluas maka penulis hanya membatasi masalah pada kegiatan operasi suatu perusahaan ground handling yang menentukan analisis kinerja load control dalam pembuatan weight and balance untuk mencapai on time performance.

3.      Pokok Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah yang dikemukakan di atas, pokok permasalahan yang ada di rumuskan adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana tata cara yang tepat pada proses load control dalam pembuatan weight & balance ?
2.      Bagaimana cara load control untuk mencapai on time performance suatu penerbangan sesuai dengen tugasnya dalam pembuatan weight & balance ?
3.      Apa hubungan antara on time performance dengan kinerja load control dalam pembuatan weight & balance ?

C.      Tujuan  dan Manfaat Penelitian

1.      Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai melalui hasil penelitian dari penulisan skripsi ini yaitu :
1.      Untuk memahami seluruh kegiatan bagian load control
2.      Untuk mengetahui dan memahami proses dan prosedur pembuatan weight & balance
3.      Untuk mengetahui kinerja tenaga kerja dalam ketelitian perhitungan weight & balance
4.      Untuk menemukan cara terbaik dalam mengoptimalkan on time performance

2.      Manfaat Penelitian
1.      Bagi Penulis
Untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang seberapa besar dan penting kontibrusi tugas load control dalam melaksanakan seluruh kegiatannya. Serta dapat dijadikan ajang pembuktian mahasiswa mengenai kemampuan teori yang dimiliki yang didapatkan selama perkuliahan dengan melakukan perbandingan-perbandingan tertentu,  guna penyesuaian ilmu agar mendapatkan lebih banyak ilmu didalamnya dengan sikap yang kritis dan tanggap dalam segala situasi/kondisi.
2.      Bagi Perusahaan
Bagi perusahaan dapat digunakan sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan bagi PT. Gapura Angkasa dalam mengoptimalkan on time performance kinerja load control dalam pembuatan weight & balance
3.      Bagi Pembaca
Pembaca dapat mengetahui, mengenal dan menambah ilmu pengetahuan mengenai dunia penerbangan terutama tentang proses kerja petugas load control, dengan segala informasi guna untuk tingkat pengembangan mahasiswa/I sebagai modal tambahan bagi calon-calon pengembang pendidikan khususnya di bidang Manajemen Transportasi Udara dan untuk meningkatkan mutu perkuliahan didalam kelas serta dapat digunakan dan bermanfaat sebagai data dokumentasi di perpustakaan. Selain itu dapat digunakan sebagai referensi bagi mereka yang akan melakukan penelitian dan penyusunan laporan tugas akhir juga. Bagi masyarakat agar dapat mengetahui upaya-upaya yang dilakukan PT. Gapura Angkasa  dalam mengoptimalkan on time performance kinerja load control dalam pembuatan weight & balance.


D.     Metodologi Penelitian

Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode evaluasi. Metode penelitian evaluasi merupakan suatu proses yang dilakukan dalam rangka menentukan kebijakan dengan terlebih dahulu mempertimbangkan nila-nilai positif dan keuntungan suatu program, serta mempertimbangkan proses serta teknik yang telah digunakan untuk melakukan penelitian. Dimana setiap kegiatan evaluasi biasanya dimaksudkan untuk mengembangkan kerangka berpikir dalam rangka pengambilan keputusan.

1.      Metode pengumpulan data

a.      Metode penelitian Lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung pada objek penelitian untuk memperoleh informasi dalam rangka melakukan penelitian yaitu dengan:
1.      Pengamatan (Observation)
Dengan cara mengamati dan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan masalah penelitian secara langsung.
2.      Wawancara (Interview)
Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada masalah penelitian kepada pihal manajer keuangan untuk mendapatkangambaran umum perusahaan.
b.      Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research), yaitu penelitian untuk mengumpulkan data sekunder.  Dengan mengumpulkan informasi atau data dari buku tentang referensi prosedur kerja load control seperti Aircraft Handling Manual (IATA) 1998 dan Airline Prosedure serta bahan-bahan perkuliahan dan sumber-sumber lain yang berhubungan dengan materi skripsi.

2.      Metode Analisis Data
Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis fishbone theory. Diagram sebab akibat atau fishbone diagram yaitu suatu diagram yang menunjukan hubungan antara sebab akibat, menurut Vincet Gasperz (1998: 82).
Diagram tulang ikan terdiri dari permasalahan utama dan penyebab utama. Jadi, penyebab utama dihubungkan dengan permasalahan utama melalui cabang utama. Tiap cabang utama memiliki cabang-cabang penyebab yang lebih kecil di mana tiap cabang memiliki hubungan penyebab utama dan memiliki rangkaian penyebab yang lebih spesifik.

E.      Hipotesis
Diduga terdapat pengaruh antara kinerja load control dalam pembuatan weight & balance dengan on time performance suatu penerbangan.

F.       Sistematika Penulisan
Dalam penyusunan Tugas Akhir ini, pembahasan dan pengkajiannya diklasifikasikan secara sistematis ke dalam 5 (lima) bab yaitu:
BAB I    : PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis mengemukakan tentang latar belakang, identifikasi masalah, pembatasan masalah, pokok permasalahan, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian, sistematika penulisan, dan daftar pustaka.
BAB II   : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini penulis mengemukakan apa yang dimaksud dengan manajemen, manajemen keuangan, analisis rasio yang meliputi rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, dan analisis trend.
BAB III : GAMBARAN UMUM PT GAPURA ANGKASA
Dalam bab ini  penulis mengemukakan sejarah singkat perusahaan, susunan organisasi, dan ruang lingkup usaha.
BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini dijelaskan secara lebih mendalam mengenai permasalahan yang terdapat di dalam penulisan skripsi ini berikut metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui besaran kinerja load control untuk mencapai on time performance dalam pembuatan weight & balance.
BAB V   : PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran-saran yang mungkin berguna bagi perusahaan sebagai bahan masukan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar