Ini Gw Loh

Ini Gw Loh

Senin, 07 November 2011

Tugas Kelompok Seminar (Kelompok 12)

Kelompok 12
1. Arie Koeswibisono (234111003)
2. Mustika Sari Virginia (234111006)
3. Bona Ventura Pernandi (234111007)
4. Nurkumala (234111028)

BAB I
PENDAHULUAN
           
A.    LATAR BELAKANG
     Pergerakan jumlah pesawat udara yang meningkat setiap tahunnya berdampak terhadap peningkatan arus lalu lintas kendaraan dari/dan menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Meningkatnya pergerakan jumlah penumpang pesawat udara dan jumlah kendaraan yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak terlepas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia., serta kedudukan Kota Jakarta sebagai pusat bisnis dan perdagangan yang letaknya relatif dekat dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
     Berdasarkan data statistik angkutan udara PT. Angkasa Pura II (Persero) tercatat bahwa jumlah penumpang yang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah mencapai 32 juta penumpang dan diprediksikan akan terus meningkat seiring dengan fenomena penerbangan bertarif murah (low fare airlines) di Indonesia.
     Pesatnya pertumbuhan penerbangan domestik dan internasional di Indonesia akhir-akhir ini, khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta diikuti dengan meningkatnya jumlah pengguna kendaraan yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Peningkatan jumlah kendaraan tersebut terlihat dari  banyaknya kendaraan yang antri di area terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta terutama di jam-jam sibuk dan banyaknya para pengguna jasa bandara yang memarkir kendaraannya di badan jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Tentu hal tersebut membuat para penguna jasa bandara merasa tidak nyaman. Area parkir kendaraan di terminal-terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga terlihat tidak tertib sehingga penggunaan fasilitas parkir kendaraan menjadi tidak optimal. Hal ini menjadi perhatian yang serius dan harus diberikan alternatif bagi penyelesaian masalahnya.
     Oleh karena itu, dibutuhkan pengelolaan parkir kendaraan yang baik untuk menciptakan kondisi yang nyaman bagi para pengguna jasa parkir di area terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Diperlukan strategi dan alternatif untuk mengatasi kebutuhan akan fasilitas parkir kendaraan yang semakin meningkat agar kelancaran aktifitas di bandara tetap terjaga. Selain itu, dengan melakukan upaya peningkatan pelayanan jasa parkir kendaraan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta khususnya di area terminal, secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan non aeronautika PT. Angkasa Pura II (Persero).
     Berdasarkan uraian tersebut di atas, penulis mencoba mengetengahkan dalam bentuk sebuah laporan dengan judul “UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN JASA PARKIR KENDARAAN DI TERMINAL 1 DAN TERMINAL 2 BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDAPATAN NON AERONAUTIKA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO)”.


B.     PERUMUSAN MASALAH
1.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka dapat diidentifikasi beberapa masalah, yaitu sebagai berikut :
a.       Meningkatnya pergerakan jumlah penumpang pesawat udara dan jumlah kendaraan yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak terlepas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia.
b.      Adanya peningkatan arus lalu lintas kendaraan dari/dan menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
c.       Diperlukan strategi dan alternatif untuk mengatasi kebutuhan akan fasilitas parkir kendaraan yang semakin meningkat agar kelancaran aktifitas di bandara tetap terjaga. Selain itu, dengan melakukan upaya peningkatan pelayanan jasa parkir kendaraan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta khususnya di area terminal, secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan non aeronautika PT. Angkasa Pura II (Persero).
2.       Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah diuraikan di atas, pembatasan masalah yang penulis maksudkan dalam penelitian ini adalah pengaruh upaya peningkatan pengelolaan jasa parkir kendaraan di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta terhadap pendapatan non aeronautika PT. Angkasa Pura II (Persero).
3.     Pokok Permasalahan
Berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah yang telah dikemukakan, maka pokok permasalahan yang dapat dirumuskan adalah sebagai berikut :
a.    Bagaimana pengelolaan jasa parkir kendaraan yang diterapkan saat ini di area terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
b.    Bagaimana upaya untuk meningkatkan pengelolaan jasa parkir kendaraan di terminal 1 dan terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
c.    Apa pengaruh upaya peningkatan pengelolaan jasa parkir kendaraan terhadap pendapatan non aeronautika PT. Angkasa Pura II (Persero).

C.      TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
1.    Tujuan Penelitian
a.       Untuk mengetahui dan mengidentifikasi masalah-masalah yang berkaitan dengan pengelolaan parkir kendaraan di area terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
b.      Untuk mengetahui langkah-langkah yang diperlukan dalam upaya peningkatan pengelolaan jasa parkir kendaraan di area terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
c.       Memberikan masukan bagi PT. Angkasa Pura II (Persero) dalam meningkatkan pengelolaan jasa parkir kendaraan di area terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta agar lebih efektif dan efisien pelaksanaannya.
2.      Manfaat Penelitian
a.       Bagi Mahasiswa
1)      Untuk membandingkan teori yang diterima selama masa   perkuliahan dengan praktek kerja lapangan.
2)      Memberikan tambahan ilmu pengetahuan mengenai permasalahan yang diangkat di dalam laporan ini secara singkat dan jelas.
b.      Bagi Perusahaan
1)      Dapat membantu perusahaan dalam mengetahui dan mengidentifikasi masalah mengenai pengelolaan jasa parkir kendaraan di area terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
2)      Dapat memberikan saran atau masukan yang membangun bagi perusahaan dalam pengelolaan parkir kendaraan di area terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
c.       Bagi Lembaga
1)      Tambahan pengetahuan atau bacaan mahasiswa/i STMT Trisakti guna mengetahui permasalahan dan penyelesaiannya yang berkaitan dengan pengelolaan parkir kendaraan di area terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta .
2)      Meningkatkan kualitas dalam penulisan skripsi.


D.      HIPOTESIS
Menurut Sugiyono hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan penelitian, dimana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Adapun hipotesis data penelitian ini adalah :
“Diduga terdapat hubungan yang positif antara upaya peningkatan pengelolaan jasa parkir kendaraan di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta terhadap pendapatan non aeronautika PT. Angkasa Pura II (Persero)”.

E.       METODOLOGI PENELITIAN
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lainnya berdasarkan koefisien korelasi.
Dalam penelitian ini, penulis membagi variabel-variabel yang akan diteliti menjadi dua, yaitu :
1.         Variabel bebas
Yaitu variabel yang mempengaruhi atau penyebab bagi variabel lainnya, dalam penelitian ini  adalah upaya peningkatan pengelolaan jasa parkir kendaraan bermotor di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah sebagai variabel X.
2.         Variabel ikat / tergantung
Yaitu variabel yang dipengaruhi oleh variabel lainnya, dalam penelitian ini adalah pendapatan non aeronautika PT. Angkasa Pura II (Persero)  adalah sebagai variabel Y.
Dalam rangka memberikan gambaran yang lebih jelas untuk mengukur parameter dari variabel penelitian, maka ditampilkan dimensi dan indikator parameter variabel penelitian, sehingga dapat dijadikan sebagai instrumen ukur dalam penyusunan kuesioner penelitian.
1.         Jenis dan Sumber Data
a.         Jenis Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang berupa angka-angka dan data lainnya yang berhubungan dengan penelitian.
b.        Sumber Data
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian pada PT. Angkasa Pura II (Persero).
2.         Populasi dan Sampel
a.       Populasi
Populasi yang menjadi target penelitian adalah data pengelolaan parkir di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
b.      Sampel
Sampel adalah sebagian dari populasi yang dapat mewakili populasi tersebut. Sampel yang diambil oleh penulis adalah data pengelolaan parkir kendaraan di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada tahun 2010.
3.         Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode sebagai berikut :
a.         Penelitian Lapangan (Field Research)
Metode penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data yang diperlukan secara langsung dari objek penelitian atau perusahaan yang diteliti. Dalam memperoleh data tersebut, penulis menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu :
1)        Wawancara (interview)
Yaitu dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pihak-pihak yang berwenang dalam memberikan data dan keterangan-keterangan yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.
2)        Pengamatan secara langsung (observation)
Yaitu dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara langsung terhadap objek yang akan diteliti.

b.        Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Metode penelitian ini dilakukan untuk melengkapi data yang sudah ada dengan membaca dan mempelajari buku-buku mengenai hal-hal yang berhubungan dengan materi skripsi.
4.         Metode Analisis Data
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
a.       Skala likert
b.      Analisis regresi linear sederhana
c.       Hipotesa distribusi t.
d.      Korelasi produk moment.

F.     Sistematika Penulisan 
Bab I        Pendahuluan
Pada bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, metode penelitian dan sistematika penulisan.
Bab II       Tinjauan Pustaka
Dalam bab ini berisi kajian teoritis mengenai teori-teori yang mendukung dalam penulisan skripsi, sebagai dasar dalam pembahasan yang berkaitan erat dengan judul.
Bab III     Gambaran Umum Objek Penelitian
Bab ini menguraikan mengenai Sejarah Perusahaan, Visi dan Misi, Struktur Organisasi, dan Job Description.
Bab IV      Analisis Data dan Pembahasan
Bab ini merupakan inti skripsi yang membahas pengaruh upaya peningkatan pengelolaan jasa parkir kendaraan di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta terhadap pendapatan non aeronautika PT. Angkasa Pura II (Persero).
Bab V       Penutup
Merupakan bab penutup atau merupakan bagian akhir dari skripsi ini, yang memuat kesimpulan dan saran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar