PROPOSAL SKRIPSI
ANALISIS STRATEGI PRODUKSI CARGO ANTARA MASKAPAI PENERBANGAN ASING DENGAN
MASKAPAI PENERBANGAN DOMESTIK PADA PT. GAPURA ANGKASA DI BANDARA INTERNASIONAL
NGURAH RAI BALI TAHUN 2008 - 2010
DISUSUN OLEH :
TOPAN DANAU PRONA
NIM : 234111016
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN
TRANSPOR
TRISAKTI
JAKARTA
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pada saat ini dunia bisnis mengalami perkembangan yang semakin cepat dan
luas sehingga persaingan antara perusahaan akan semakin ketat dan tidak dapat
dihindari. Oleh karena itu setiap badan usaha akan selalu bersaing untuk
mendapatkan yang terbaik untuk perusahaannya.
Strategi yang maksimal merupakan salah satu hal yang penting dan juga
tentang sumber daya merupakan unsur terpenting dalam suatu organisasi atau
perusahaan, serta unsur lainnya dapat memberikan suatu daya pembangunan untuk menggerakan
unsur-unsur tersebut. Faktor-faktor tersebut tidak akan
memberikan hasil yang maksimal apabila strategi
yang dibuat tidak berkualitas.
Strategi berkaitan dengan tujuan dan kegiatan
jangka panjang suatu organisasi atau perusahaan. Strategi juga sangat terkait
dalam menentukan bagaimana suatu organisasi menempatkan dirinya dengan
mempertimbangkan keadaan sekelilingnya, terutama terhadap pesaingnya. Strategi
berkaitan erat dengan usaha mencapai keungulan dalam persaingan yang sesuai
dengan keinginan untuk dapat bertahan. Para manajer yang bekerja merumuskan dan
merencanakan suatu strategi, tetapi banyak di antara mereka mendapatkan
kesulitan dalam melakukan penerapannya, yang sering disebabkan oleh
keterbatasan pengetahuan dan keterbatasan sumber daya.
Untuk mengahadapi persaingan bisnis pada saat ini
selain memaksimalkan faktor-faktor yang disebut di atas, perusahaaan harus
membuat suatu strategi yang baik, efektif dan efisien. Strategi yang baik
adalah aset yang paling utama dalam perusahaan dan manajemen yang efektif
sebagai kunci keberhasilan perusahaan agar lebih mudah dalam pencapaian
keberhasilan perusahaan.
Berdasarkan hal tersebut, pengenalan, penciptaan dan
pengembangan strategi dalam suatu perusahaan mutlak diperlukan dalam rangka
membangun perusahaan yang efektif dan efisien sesuai dengan visi dan misi yang
hendak dicapai. Untuk itu diperlukan adanya suatu sistem penilaian bagaimana
untuk mempertahankan konsumen PT. Gapura Angkasa yang didasarkan
pada mempertahankan konsumen merupakan hal penting dalam rangka mencapai tujuan
perusahaan. Perusahaan dapat meningkatkan loyalitas konsumen yang akan
memberikan hasil yang maksimal untuk perusahaan. Mempertahankan konsumen
tidaklah terwujud dengan sendirinya, oleh karena itu strategi yang tepat,
promosi, dan sumber daya yang memadai pada suatu perusahaan merupakan suatu
nilai plus untuk perusahaan.
Kondisi semacam ini diharapkan oleh setiap
perusahaan, demikian pula oleh PT. Gapura Angkasa. Dalam penelitian skripsi ini
yang menjadi objek penelitiannya adalah strategi perusahaan itu sendiri. Karena strategi yang tepat akan menghasilkan pendapatan yang akan dicapai
perusahaan.
Berdasarkan uraian diatas maka
penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam
bentuk sebuah skripsi/karya tulis ilmiah dengan judul :
”ANALISIS STRATEGI PRODUKSI CARGO ANTARA MASKAPAI PENERBANGAN ASING DENGAN
MASKAPAI PENERBANGAN DOMESTIK PADA PT. GAPURA ANGKASA DI BANDARA INTERNASIONAL
NGURAH RAI BALI TAHUN 2008 - 2010”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas,
maka dalam rangka melaksanakan penelitian ini, penulis merumuskan masalahnya
sebagai berikut :
1. Identifikasi Masalah
Adapun identifikasi masalah yang ingin
dibahas peneliti dalam skripsi ini adalah :
a.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
strategi produk dalam suatu perusahaan PT. Gapura
Angkasa Cabang Bandara Ngurah Rai tahun 2008-2010.
b.
Uraian tentang produk tersebut
dilihat dari produk-produk yang diciptakan oleh PT. Gapura Angkasa untuk
diterapkan sebagai strategi dasarnya.
c.
Adanya masalah ketidak stabilan
jumlah produksi cargo pada Maskapai Penerbangan Asing (MPA) dan Maskapai
Penerbangan Domestik (MPD).
d.
Tidak adanya kenaikan yang
signifikan jumlah produksi cargo pada Maskapai Penerbangan Asing (MPA) dan
Maskapai Penerbangan Domestik (MPD).
2. Batasan Masalah
Dalam hal ini batasan masalah yang akan
dibahas hanya dibatasi pada strategi produk yang ada dan yang akan ditambah
pada PT. Gapura Angkasa bandara Ngurah Rai tahun 2010.
3. Pokok Permasalahan
Berdasarkan pembatasan masalah, maka pokok
permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut :
a.
Bagaimana produksi PT. Gapura
Angakasa untuk Maskapai Penerbangan
Asing (MPA) tahun 2008-2010?
b.
Bagaimana produksi PT. Gapura
Angkasa untuk Maskapai Penerbangan Domestik (MPD) tahun 2008-2010?
c.
Bagaimana pengaruh strategi
produk PT. Gapura Angkasa untuk Maskapai Penerbangan Asing (MPA) dan Maskapai
Penerbangan Domestik (MPD).?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai melalui
hasil penelitian dari penulisan skripsi ini yaitu :
a.
Untuk mengetahui bagaimana
produksi PT. Gapura Angakasa untuk Maskapai Penerbangan Asing (MPA) tahun 2008-2010.
b.
Untuk mengetahui bagaimana
produksi PT. Gapura Angkasa untuk Maskapai Penerbangan Domestik (MPD) tahun 2008-2010
c. Untuk mengetahui pengaruh
strategi produk yang diterapkan PT.
Gapura Angkasa tahun 2010 pada Maskapai Penerbangan Asing (MPA) dan
Maskapai Penerbangan Domestik (MPD).
2. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian skripsi ini diharapkan mampu untuk
menjadi bahan informasi serta sebagai referensi bagi pihak-pihak sebagai
berikut :
a. Bagi Penulis
Menambah wawasan dan dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama
kuliah ke dalam prateknya dalam bekerja khususnya penerapan keilmuan di dalam program studi S1 Manajemen Transpor Udara.
b. Bagi Perusahaan
sebagai bahan masukan dan informasi bagi perusahaan terutama bagi para
pimpinan dalam menciptakan strategi yang baik pada perusahaan yang dipimpinnya
guna kemajuan perusahaan tersebut.
c. Bagi STMT
Trisakti
Dapat menambah informasi sebagai bahan acuan dan referensi dalam
rangka penelitian lebih lanjut dengan topik yang sama, sehingga kekurangan yang
ada dalam penelitian ini dapat diperbaiki.
D.
Metodologi Penelitian
1. Metode
Pengumpulan Data
a. Penelitian
Lapangan (Field Research)
Merupakan data yang
diperoleh secara langsung pada obyek penelitian, melalui :
1) Observasi.
Yaitu
penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan peninjauan ke tempat objek penelitian, dan memperoleh data melalui pengamatan-pengamatan.
2) Wawancara.
Dalam hal ini mengadakan wawancara atau
tanya jawab dengan pimpinan,
pejabat. yang ada dibawahnya serta karyawan, dan pelanggan lainnya, mengenai masalah yang dibahas
penyusun.
b. Penelitian Kepustakaan (Library Research )
1) Studi Pustaka
Studi ini
dilakukan guna mendukung data yang telah diperoleh melalui penelitian lapangan
dan wawancara. Materi penunjang yang diperoleh dari berbagai buku acuan yang
ada hubungannya dengan materi yang diperlukan dalam penulisan skripsi ini.
2) Literatur-literatur
Bahan-bahan yang diperoleh dari diktat
perkuliahan, dokumen-dokumen dan pedoman kerja pada PT. Gapura Angkasa maupun
bentuk lainnya yang dapat membantu melengkapi materi yang dibutuhkan penulis.
2.
Teknik analisis data
Dalam pembahasan data, penulis menggunakan analisis Statistik
NONPARAMETRIS.
E.
Hipotesis
Hipotesis adalah
suatu anggapan yang mungkin benar dan sering digunakan sebagai dasar pembuatan
keputusan atau pemecahaan persoalan ataupun untuk dasar penelitian lebih
lanjut. Berdasarkan uraian di atas, maka hipotesis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah ”diduga perbedaan strategi
produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktifitas PT. Gapura
Angkasa pada tahun 2010”.
F.
Sistematika
Penulisan
Untuk
mendapatkan gambaran singkat mengenai materi yang
dibahas dalam penulisan skripsi ini, penulis
menyusun sistematika pembahasan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang latar
belakang masalah, perumusan masalah,
tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis serta sistematika penulisan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam
bab ini dikemukakan beberapa teori yang secara langsung dan relevan dengan
masalah penelitian, sehingga dapat mendukung pemecahan masalah dalam rangka
pencapaian tujuan penelitian.
BAB III GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
PT. GAPURA ANGKASA
Bab ini menguraikan secara singkat gambaran umum tentang sejarah singkat perusahaan, organisasi dan manajemen perusahaan, serta bidang usaha perusaliaan.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini diuraikan mengenai
analisis dan pembahasan dari masalah strategi produk, analisis produksi, dan
analisis hubungan antara jumlah produksi dengan jumlah konsumen.
BAB V PENUTUP
Dalam bab
ini dimuat kesimpulan dan saran yang merupakan persyaratan singkat yang diambil dari pembahasan
dan penelitian serta sumbangan pemikiran yang dapat dari hasil penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar