TUGAS MANDIRI
PROPOSAL SKRIPSI
PROPOSAL SKRIPSI
Jepi
Pardamean
2341.11.029
AP
SI MTU
ANALISIS KINERJA PETUGAS PENERANGAN
DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA PENGGUNA JASA BANDARA TERMINAL 2 SOEKARNO-HATTA
CENGKARENG TAHUN 2011
A.
Latar Belakang Masalah
Kemajuan teknologi memang berkembang sangat pesat. Baik
di dunia maupun di Indonesia, terutama dibidang transportasi udara. Seiring
berkembangnya ilmu dan teknologi, maka dunia transportasi udara pun semakin
canggih dan maju. Ada dua faktor yang
mempengaruhi banyak orang yang melakukan perjalanannya dengan menggunakan
transportasi udara, yaitu karena kecepatan dan ketepatan waktu yang sangat
diutamakan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan transportasi
udara menyebabkan tumbuh kembangnya perusahaan-perusaaan penerbangan dan
rute-rute baru baik domestik maupun internasional.
Bandara Soekarn Hatta merupakan
salah satu bandara besar di Indonesia yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II.
Bandara ini memiliki 3 terminal yang melayani penumpang baik domesik maupun
internasional. Setiap harinya ada sekitar 700 lebih penerbangan internasional
dan domestik di bandara ini.
Karena luasnya bandara, banyaknya
penerbangan dan keterbatasan pengetahuan orang awam tentang dunia penerbangan
sehinga mereka kurang bisa memahami sarana informasi yang disediakan oleh
pengelola bandara. Maka dari itu dibutuhkan pusat penerangan tentang area
sekitar terminal, sekitar bandara dan jadwal penerbangan. Dalam hal ini
pegelola bandara PT Angkasa Pura II Bandara Soekano-Hatta menyediakan sarana
informasi dan pusat penerangan disetiap area terminal. Terminal 2 merupakan
terminal khusus penerbangan internasional dan penerbangan Garuda Indonesia dan
Merpati untuk domestik. Sehingga membutuhkan petugas penerangan yang memiliki
kinerja dan keterampilan bahasa asing yang berkualiatas dalam memberikan
pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara yang pada umumnya merupakan
warga negara asing.
Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji lebih
dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi atau karya tulis ilmiah
dengan judul “ANALISIS
KINERJA PETUGAS PENERANGAN DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA PENGGUNA JASA BANDARA
TERMINAL 2 SOEKARNO-HATTA CENGKARENG TAHUN 2011
B.
Perumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar
belakang masalah, maka dapat diidentifikasi masalah yang terjadi :
a. Kinerja petugas penerangan dalam
memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara belum optimal.
b. Terdapat indikasi adanya perbedaan
antara pegawai kontrak waktu tertentu (PKWT) dan pegawai outsourcing mengenai kepuasan
kerja dan kualitas kerja.
c. Kedisiplinan pegawai dalam
lingkungan kerja unit customer service belum efektif.
d. Fasilitas dan alat pendukung kurang
memadai.
e. Jumlah tenaga kerja yang masih
kurang
2. Pembatasan
Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dijabarkan
untuk mempersempit permasalahan yang umum dan agar ditemukan pemecahan masalah,
maka penulis membatasi ruang lingkup skripsi ini hanya kinerja petugas penerangan dalam memberikan informasi kepada
pengguna jasa Bandara Terminal 2 Soekarno-Hatta Cengkareng tahun 2011.
3. Pokok
Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah dan
pembatasan masalah yang dikemukakan di atas, pokok permasalahan yang ada di
rumuskan adalah sebagai berikut :
a. Bagaimana prosedur dalam memberikan
pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara sesuai dengan SOP?
b. Bagaimana kesiapan petugas
penerangan dalam memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara?
c. Apa saja faktor yang menjadi kendala
pada saat memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara?
C.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.
Tujuan
Penelitian
a. Untuk mengetahui prosedur dalam
memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara sesuai dengan SOP
b. Untuk mengetahui kesiapan petugas
penerangan dalam memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara
c. Untuk mengetahui faktor yang menjadi
kendala pada saat memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara
2.
Manfaat
Penelitian
a. Bagi Penulis
Untuk menambah pengetahuan dan
wawasan mengenai dunia penerbangan terutama mengenai performa analisis kinerja
petugas penerangan dalam memberikan informasi kepada pengguna jasa Bandara
Terminal 2 Soekarno-Hatta Cengkareng.
b. Bagi Perusahaan
Penelitian
yang penulis susun ini diharapkan dapat berguna bagi PT Angkasa Pura II Soekarno-Hatta
khususnya petugas penerangan sebagai bahan acuan untuk memaksimalkan
kontribusinya, untuk mempertahankan kepuasaan pelanggan.
c. Bagi Lembaga dan Masyarakat
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi penelitian selanjutnya yang akan
membahas topik yang sama dengan pesawat yang berbeda dan sebagai informasi
tambahan dalam ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Management operasional
khususnya pada perusahaan pengelola Bandara.
D.
Metodologi Penelitian
Metode
penelitian yang dipergunakan oleh penulis dalam mengumpulkan dan menganalisis
permasalahan antara lain menggunakan :
1.
Metode
Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang penulis
gunakan adalah metode yang sistematis dan standar untuk memperoleh pengumpulan
data primer dan data sekundar serta informasi yang akurat sebagai bahan dalam
penyusunan skripsi. Metode pengumpulan data meliputi:
a. Penelitian Lapangan (Field Research)
Metode
pengumpulan data dan informasi dengan mengadakan tinjauan langsung ke
perusahaan guna mengamati secara langsung obyek yang diteliti. Data ini
merupakan data primer yang akan dipakai dalam menganalisis topik yang dipilih.
Untuk dapat memperoleh data ini, yaitu melalui :
1) Wawancara
Merupakan
pengumpulan data dalam bentuk tanya jawab langsung kepada pihak-pihak yang
dianggap mampu memberikan penjelasan langsung maupun keterangan-keterangan yang
berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.
2) Observasi
Yaitu
melakukan pengamatan dan pencatatan langsung fakta yang dijumpai di tempat
obyek penelitian serta data yang diberikan oleh perusahaan.
3) Angket
Yaitu
dalam bentuk kuesioner dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah
dipersiapkan terlebih dahulu secara tertulis agar mendapatkan jawaban yang
tepat.
b. Penelitian Kepustakaan (Library
Research)
Untuk
melengkapi data kepustakaan ini, penulis melengkapinya dengan memperoleh
informasi berdasarkan sumber dari buku-buku, majalah majalah,
literatur-literatur, tulisan-tulisan yang berhubungan dengan topik yang akan
dibahas. Data yang dihasilkan dari riset kepustakaan ini merupakan data
sekunder yang bersifat ilmiah dan teoiritis yang digunakan sebagai landasan
teori untuk data primer.
2. Metode
Analisis Data
Metode analisis yang digunakan untuk
menganalisis data dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis fishbone
theory. Diagram sebab akibat atau fishbone diagram yaitu suatu diagram yang
menunjukan hubungan antara sebab akibat, menurut Vincet Gasperz (1998: 82).
Diagram tulang ikan terdiri dari
permasalahan utama dan penyebab utama. Jadi, penyebab utama dihubungkan dengan
permasalahan utama melalui cabang utama. Tiap cabang utama memiliki
cabang-cabang penyebab yang lebih kecil di mana tiap cabang memiliki hubungan
penyebab utama dan memiliki rangkaian penyebab yang lebih spesifik.
E.
Sistematika Penulisan
Dalam penulisan skripsi ini, pembahasan yang penulis sajikan
terbagi menjadi 5 (lima) bab pokok pembahasan, serta beberapa sub-sub yang
secara singkat akan diuraikan sebagai berikut :
BAB
I PENDAHULUAN
Pada
bab ini menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan
manfaat penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI
BAB II LANDASAN TEORI
Pada
bab ini mengemukakan mengenai teori-teori pendukung yang berhubungan dengan
penulisan skripsi ini.
BAB
III GAMBARAN UMUM PT ANGKASA PURA II
Pada
bab ini mengemukakan mengenai sejarah singkat dari PT Angkasa Pura II selaku
yang mengelola Bandara, organisasi, dan manajemen serta kegiatan perusahaan
BAB
IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam
bab ini dijelaskan secara lebih mendalam mengenai permasalahan yang terdapat di
dalam penulisan skripsi ini berikut metode penelitian yang digunakan untuk
mengetahui besaran analisis kinerja petugas penerangan dalam memberikan
informasi kepada pengguna jasa bandara terminal 2 soekarno-hatta cengkareng
tahun 2011
BAB
V PENUTUP
Bab
ini berisi kesimpulan dari apa yang telah dibahas pada bab-bab sebelumnya, dan
juga berisi saran-saran perbaikan yang berhubungan dengan masalah yang dibahas
oleh penulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar