Ini Gw Loh

Ini Gw Loh

Minggu, 23 Oktober 2011

Tugas Jepi Pardamean

TUGAS MANDIRI
PROPOSAL SKRIPSI

Jepi Pardamean
2341.11.029
AP SI MTU

ANALISIS KINERJA PETUGAS PENERANGAN DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA PENGGUNA JASA BANDARA TERMINAL 2 SOEKARNO-HATTA CENGKARENG TAHUN 2011

A.    Latar Belakang Masalah
Kemajuan teknologi memang berkembang sangat pesat. Baik di dunia maupun di Indonesia, terutama dibidang transportasi udara. Seiring berkembangnya ilmu dan teknologi, maka dunia transportasi udara pun semakin canggih dan maju. Ada dua faktor yang mempengaruhi banyak orang yang melakukan perjalanannya dengan menggunakan transportasi udara, yaitu karena kecepatan dan ketepatan waktu yang sangat diutamakan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan transportasi udara menyebabkan tumbuh kembangnya perusahaan-perusaaan penerbangan dan rute-rute baru baik domestik maupun internasional.
Bandara Soekarn Hatta merupakan salah satu bandara besar di Indonesia yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II. Bandara ini memiliki 3 terminal yang melayani penumpang baik domesik maupun internasional. Setiap harinya ada sekitar 700 lebih penerbangan internasional dan domestik di bandara ini.
Karena luasnya bandara, banyaknya penerbangan dan keterbatasan pengetahuan orang awam tentang dunia penerbangan sehinga mereka kurang bisa memahami sarana informasi yang disediakan oleh pengelola bandara. Maka dari itu dibutuhkan pusat penerangan tentang area sekitar terminal, sekitar bandara dan jadwal penerbangan. Dalam hal ini pegelola bandara PT Angkasa Pura II Bandara Soekano-Hatta menyediakan sarana informasi dan pusat penerangan disetiap area terminal. Terminal 2 merupakan terminal khusus penerbangan internasional dan penerbangan Garuda Indonesia dan Merpati untuk domestik. Sehingga membutuhkan petugas penerangan yang memiliki kinerja dan keterampilan bahasa asing yang berkualiatas dalam memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara yang pada umumnya merupakan warga negara asing.
Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi atau karya tulis ilmiah dengan judul “ANALISIS KINERJA PETUGAS PENERANGAN DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA PENGGUNA JASA BANDARA TERMINAL 2 SOEKARNO-HATTA CENGKARENG TAHUN 2011

B.     Perumusan Masalah
1.   Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, maka dapat diidentifikasi masalah yang terjadi :
a.       Kinerja petugas penerangan dalam memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara belum optimal.
b.      Terdapat indikasi adanya perbedaan antara pegawai kontrak waktu tertentu (PKWT)  dan pegawai outsourcing mengenai kepuasan kerja dan kualitas kerja.
c.       Kedisiplinan pegawai dalam lingkungan kerja unit customer service belum efektif.
d.      Fasilitas dan alat pendukung kurang memadai.
e.       Jumlah tenaga kerja yang masih kurang

2.   Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dijabarkan untuk mempersempit permasalahan yang umum dan agar ditemukan pemecahan masalah, maka penulis membatasi ruang lingkup skripsi ini hanya kinerja petugas penerangan dalam memberikan informasi kepada pengguna jasa Bandara Terminal 2 Soekarno-Hatta Cengkareng tahun 2011.

3. Pokok Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah yang dikemukakan di atas, pokok permasalahan yang ada di rumuskan adalah sebagai berikut :
a.       Bagaimana prosedur dalam memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara sesuai dengan  SOP?
b.      Bagaimana kesiapan petugas penerangan dalam memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara?
c.       Apa saja faktor yang menjadi kendala pada saat memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara?

C.    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
a.       Untuk mengetahui prosedur dalam memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara sesuai dengan  SOP
b.      Untuk mengetahui kesiapan petugas penerangan dalam memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara
c.       Untuk mengetahui faktor yang menjadi kendala pada saat memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandara
2.      Manfaat Penelitian
a.       Bagi Penulis
Untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai dunia penerbangan terutama mengenai performa analisis kinerja petugas penerangan dalam memberikan informasi kepada pengguna jasa Bandara Terminal 2 Soekarno-Hatta Cengkareng.
b.      Bagi Perusahaan
Penelitian yang penulis susun ini diharapkan dapat berguna bagi PT Angkasa Pura II Soekarno-Hatta khususnya petugas penerangan sebagai bahan acuan untuk memaksimalkan kontribusinya, untuk mempertahankan kepuasaan pelanggan.
c.       Bagi Lembaga dan Masyarakat
Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi penelitian selanjutnya yang akan membahas topik yang sama dengan pesawat yang berbeda dan sebagai informasi tambahan dalam ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Management operasional khususnya pada perusahaan pengelola Bandara.

D.    Metodologi Penelitian
Metode penelitian yang dipergunakan oleh penulis dalam mengumpulkan dan menganalisis permasalahan antara lain menggunakan :
1.      Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode yang sistematis dan standar untuk memperoleh pengumpulan data primer dan data sekundar serta informasi yang akurat sebagai bahan dalam penyusunan skripsi. Metode pengumpulan data meliputi:
a.       Penelitian Lapangan (Field Research)
Metode pengumpulan data dan informasi dengan mengadakan tinjauan langsung ke perusahaan guna mengamati secara langsung obyek yang diteliti. Data ini merupakan data primer yang akan dipakai dalam menganalisis topik yang dipilih. Untuk dapat memperoleh data ini, yaitu melalui :
1)      Wawancara
Merupakan pengumpulan data dalam bentuk tanya jawab langsung kepada pihak-pihak yang dianggap mampu memberikan penjelasan langsung maupun keterangan-keterangan yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.
2)      Observasi
Yaitu melakukan pengamatan dan pencatatan langsung fakta yang dijumpai di tempat obyek penelitian serta data yang diberikan oleh perusahaan.
3)      Angket
Yaitu dalam bentuk kuesioner dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan terlebih dahulu secara tertulis agar mendapatkan jawaban yang tepat.

b.      Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Untuk melengkapi data kepustakaan ini, penulis melengkapinya dengan memperoleh informasi berdasarkan sumber dari buku-buku, majalah majalah, literatur-literatur, tulisan-tulisan yang berhubungan dengan topik yang akan dibahas. Data yang dihasilkan dari riset kepustakaan ini merupakan data sekunder yang bersifat ilmiah dan teoiritis yang digunakan sebagai landasan teori untuk data primer.

2.   Metode Analisis Data
Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis fishbone theory. Diagram sebab akibat atau fishbone diagram yaitu suatu diagram yang menunjukan hubungan antara sebab akibat, menurut Vincet Gasperz (1998: 82).
Diagram tulang ikan terdiri dari permasalahan utama dan penyebab utama. Jadi, penyebab utama dihubungkan dengan permasalahan utama melalui cabang utama. Tiap cabang utama memiliki cabang-cabang penyebab yang lebih kecil di mana tiap cabang memiliki hubungan penyebab utama dan memiliki rangkaian penyebab yang lebih spesifik.

E.     Sistematika Penulisan
Dalam penulisan skripsi ini, pembahasan yang penulis sajikan terbagi menjadi 5 (lima) bab pokok pembahasan, serta beberapa sub-sub yang secara singkat akan diuraikan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini mengemukakan mengenai teori-teori pendukung yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini.
BAB III GAMBARAN UMUM PT ANGKASA PURA II
Pada bab ini mengemukakan mengenai sejarah singkat dari PT Angkasa Pura II selaku yang mengelola Bandara, organisasi, dan manajemen serta kegiatan perusahaan
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini dijelaskan secara lebih mendalam mengenai permasalahan yang terdapat di dalam penulisan skripsi ini berikut metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui besaran analisis kinerja petugas penerangan dalam memberikan informasi kepada pengguna jasa bandara terminal 2 soekarno-hatta cengkareng tahun 2011
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dari apa yang telah dibahas pada bab-bab sebelumnya, dan juga berisi saran-saran perbaikan yang berhubungan dengan masalah yang dibahas oleh penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar