Ini Gw Loh

Ini Gw Loh

Minggu, 30 Oktober 2011

PROPOSAL DEWI SUPRIATI 2341.11.001


ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KETERLAMBATAN PENERBANGAN PADA
PT. LION MENTARI AIRLINES PERIODE TAHUN 2008-2010


DEWI SUPRIATI
2341.11.001
TUGAS MANDIRI SEMINAR



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORT
TRISAKTI
2011



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Ketepatan waktu penerbangan, baik itu saat keberangkatan maupun kedatangan pesawat, merupakan aspek yang sangat penting dari suatu perusahaan penerbangan di dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa angkutan udara.
Hal tersebut merupakan salah satu aspek yang menjadi harapan penumpang selain aspek keselamatan dan kenyamanan, terutama bagi penumpang yang melakukan perjalanan untuk tujuan bisnis.
Ketepatan waktu dalam penyelenggaraan jadwal penerbangan akan menjadi pertimbangan utama dan juga sebagai tolak ukur kepercayaan para pengguna jasa angkutan udara. Hal ini dikarenakan di era yang serba cepat dan modern ini waktu menjadi prioritas utama, dimana setiap orang menjadi sangat menghargai waktu. Sehingga dalam hal ini perusahaan penerbangan, termasuk Lion Air sebagai salah satu perusahaan penerbangan domestik yang cukup besar, dituntut pula untuk dapat menyuguhkan pelayanan dengan tingkat tampilan tepat waktu yang tinggi. Masalah keterlambatan jadwal penerbangan adalah masalah yang memerlukan penanganan yang serius. Hal ini menjadi tanggung jawab keseluruhan unit kerja perusahaan penerbangan salah satunya adalah kegiatan dari Passenger Handling. Hal ini dikarenakan bahwa dalam perusahaan penerbangan masing-masing kegiatan merupakan suatu kesatuan mata rantai yang berintegrasi, dimana apabila satu unit kerja tidak bekerja dengan baik maka akan mempengaruhi pelayanan operasi penerbangan secara keseluruhan.
Bila terjadi keterlambatan penerbangan, itu berarti tidak hanya menimbulkan kerugian bagi perusahaan penerbangan yang bersangkutan, tetapi juga bagi penumpang karena kehilangan nilai waktu.
Untuk menekan seminimal mungkin keterlambatan yang terjadi, suatu perusahaan penerbangan harus mengetahui faktor-faktor yang menyebabkannya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi faktor-faktor menyebabkan hal tersebut.
Terdapat 2 (dua) faktor yang mempengaruhi keterlambatan penerbangan pada PT Lion Air. Pertama adalah faktor internal yang berasal dari kondisi di dalam perusahaan, meliputi aspek sumber daya manusia, aspek manajemen perusahaan, dan aspek niaga. Kedua adalah faktor eksternal yang berasal dari kondisi diluar perusahaan, meliputi faktor ground handling yang terbagi 2 (dua) yaitu penyebab yang dapat diatasi (Avoidable factor) dan penyebab yang sulit diatasi (Unavoidable factor). Avoidable factor terdiri dari station handling, commercial, technic, system, flight operations. Sedangkan Unavoidable factor terdiri dari weather, governmental, authorities, miscellaneous.
Keterlambatan penerbangan yang terjadi pada suatu perusahan penerbangan akan berdampak langsung terhadap biaya operasi, dan citra airlines itu sendiri. Jadi, terutama bagi Lion Air yang ingin dapat berkompetisi secara global dengan airlines domestik lainnya, harus mampu memberikan pelayanan berkualitas kepada penumpang dengan didukung oleh pencapaian ketepatan waktu penerbangan yang tinggi.
 Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi atau karya tulis ilmiah dengan judul: “Analisis Faktor-faktor Yang Menyebabkan Keterlambatan Penerbangan Pada PT. Lion Mentari Airlines Periode Tahun 2008-2010”.
B. Perumusan Masalah
 1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada latar belakang masalah diatas, bahwa masalah keterlambatan penerbangan harus mendapatkan perhatian yang serius, karena merupakan salah satu faktor yang menjadi tolak ukur keberhasilan operasi perusahaan penerbangan, akan dibahas dan dianalisis lebih lanjut oleh penulis:
a.       Masalah internal yang mempengaruhi keterlambatan penerbangan, yang terdiri dari faktor sumber daya manusia, manajemen perusahaan, dan aspek niaga.
b.      Masalah eksternal yang mempengaruhi keterlambatan, penerbangan, yang terdiri dari faktor Ground Handling yang terbagi 2 yaitu penyebab dapat diatasi (Avoidable factor) dan penyebab yang sulit diatasi (Unavoidable factor).
1). Faktor-faktor penyebab keterlambatan penerbangan yang dapat diatasi (Avoidable factor) terdiri dari: station handling, commercials, technic, system, dan flight operations.
2). Faktor-faktor penyebab keterlambatan penerbangan yang sulit diatasi (Unavoidable factor) terdiri dari: weather, governmental authorities, dan miscellaneous.
 2.  Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang dijabarkan di atas, penulis membatasi permasalahan dalam penelitian ini pada masalah faktor-faktor keterlambatan yang berdasarkan delay code dan pengaruhnya terhadap time of delay pada PT. Lion Mentari Airlines tahun 2008 sampai dengan tahun 2010.
3. Pokok Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah yang dikemukakan di atas, pokok permasalahan yang di rumuskan adalah sebagai berikut:
a.    Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan keterlambatan penerbangan PT. Lion Mentari  Airlines?
b.   Berapa lama waktu keterlambatan dan rata-rata keterlambatan terhadap delay code periode
    2008-2010?
c.  Bagaimana upaya yang dilakukan PT. Lion Mentari Airlines untuk mengatasi keterlambatan?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
a.    Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan keterlambatan penerbangan pada PT. Lion Mentari Airlines.
b.   Untuk mengetahui berapa lama waktu keterlambatan dan rata-rata keterlambatan terhadap delay code periode 2008-2010.
c.  Untuk mengetahui upaya yang dilakukan PT. Lion Mentari Airlines untuk mengatasi keterlambatan.
2. Manfaat Penelitian
    Manfaat dari penelitian adalah sebagai berikut:
a.    Bagi Penulis
Untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang keterlambatan penerbangan pada PT. Lion Mentari Airlines serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
b.    Bagi Perusahaan
Sebagai bahan pertimbangan di dalam menentukan strategi pengambilan keputusan dalam rangka mengurangi keterlambatan penerbangan pada PT. Lion Mentari Airlines di masa yang akan datang.
c.     Bagi Lembaga (STMT Trisakti)
Sebagai informasi tambahan mengenai faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan penerbangan suatu perusahaan penerbangan, serta dapat dipergunakan dan bermanfaat sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT Trisakti. serta sebagai bahan referensi.
D. Metode Penelitian
      Di dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode-metode penelitian sebagai
      berikut:
1.   Metode Pengumpulan Data
Metode yang dipergunakan untuk pengumpulan data dalam peneltian ini dilakukan       dengan cara sebagai berikut:
a.          Riset Lapangan (Field Research)
Data yang dipergunakan adalah dokumentasi perusahaan, yaitu PT. Lion Air tahun 2008-2010 dan mengadakan pengamatan secara langsung terhadap masalah-masalah yang menjadi faktor-faktor keterlambatan penerbangan.
b.         Riset Kepustakaan (Library Research)
Penulis mengumpulkan data-data atau tulisan-tulisan yang berhubungan dengan penelitian ini dari berbagai sumber, diantaranya beberapa buku bacaan, materi perkuliahan, dan sumber-sumber lain yang berhubungan dengan materi skripsi.
 2.      Metode Analisis Data
Dalam metode analisis data penulis menggunakan analisis Deskriptif Eksploratif dan Deskriptif Developmental. Menurut Suharsimi Arikunto (1993:209-210) yang penulis kutip dari buku Pedoman Penulisan Skripsi, riset deskriptif eksploratif dan deskriptif developmental bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena. Dalam hal ini penelitian hanya ingin mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan keadaan sesuatu dan membandingkannya dengan suatu standar atau toleransi yang telah disepakati dunia penerbangan.
E. Sistematika Penulisan
      Penulis skripsi ini dibagi menjadi 5 (lima) bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini mengemukakan mengenai teori-teori pendukung yang berhubungan dengan permasalahan, yaitu mengenai manajemen, keterlambatan (delay) penerbangan, minimum ground time dan ground handling yang merupakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keterlambatan penerbangan.
 BAB III GAMBARAN UMUM PT. LION MENTARI AIRLINES
Bab ini mengemukakan mengenai sejarah singkat dari PT. Lion Mentari Airlines yang menangani organisasi, dan manajemen serta kegiatan usaha perusahaan.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi pembahasan mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keterlambatan penerbangan, serta analisis data keterlambatan penerbangan yang terjadi pada PT. Lion Mentari Airlines Tahun 2008-2010.
BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir, dalam bab penutup ini dikemukakan kesimpulan dan saran-saran kepada PT. Lion Mentari Airlines yang mungkin akan bermanfaat bagi perusahaan

TUGAS SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI TOPAN (234111016)


PROPOSAL SKRIPSI
ANALISIS STRATEGI PRODUKSI CARGO ANTARA MASKAPAI PENERBANGAN ASING DENGAN MASKAPAI PENERBANGAN DOMESTIK PADA PT. GAPURA ANGKASA DI BANDARA INTERNASIONAL NGURAH RAI BALI TAHUN 2008 - 2010



DISUSUN OLEH :
TOPAN DANAU PRONA
NIM : 234111016


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR
TRISAKTI
JAKARTA
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pada saat ini dunia bisnis mengalami perkembangan yang semakin cepat dan luas sehingga persaingan antara perusahaan akan semakin ketat dan tidak dapat dihindari. Oleh karena itu setiap badan usaha akan selalu bersaing untuk mendapatkan yang terbaik untuk perusahaannya.
Strategi yang maksimal merupakan salah satu hal yang penting dan juga tentang sumber daya merupakan unsur terpenting dalam suatu organisasi atau perusahaan, serta unsur lainnya dapat memberikan suatu daya pembangunan untuk menggerakan unsur-unsur tersebut. Faktor-faktor tersebut tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila  strategi yang dibuat tidak berkualitas.
Strategi berkaitan dengan tujuan dan kegiatan jangka panjang suatu organisasi atau perusahaan. Strategi juga sangat terkait dalam menentukan bagaimana suatu organisasi menempatkan dirinya dengan mempertimbangkan keadaan sekelilingnya, terutama terhadap pesaingnya. Strategi berkaitan erat dengan usaha mencapai keungulan dalam persaingan yang sesuai dengan keinginan untuk dapat bertahan. Para manajer yang bekerja merumuskan dan merencanakan suatu strategi, tetapi banyak di antara mereka mendapatkan kesulitan dalam melakukan penerapannya, yang sering disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan keterbatasan sumber daya.
Untuk mengahadapi persaingan bisnis pada saat ini selain memaksimalkan faktor-faktor yang disebut di atas, perusahaaan harus membuat suatu strategi yang baik, efektif dan efisien. Strategi yang baik adalah aset yang paling utama dalam perusahaan dan manajemen yang efektif sebagai kunci keberhasilan perusahaan agar lebih mudah dalam pencapaian keberhasilan perusahaan.
Berdasarkan hal tersebut, pengenalan, penciptaan dan pengembangan strategi dalam suatu perusahaan mutlak diperlukan dalam rangka membangun perusahaan yang efektif dan efisien sesuai dengan visi dan misi yang hendak dicapai. Untuk itu diperlukan adanya suatu sistem penilaian bagaimana untuk mempertahankan konsumen PT. Gapura Angkasa yang didasarkan pada mempertahankan konsumen merupakan hal penting dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan dapat meningkatkan loyalitas konsumen yang akan memberikan hasil yang maksimal untuk perusahaan. Mempertahankan konsumen tidaklah terwujud dengan sendirinya, oleh karena itu strategi yang tepat, promosi, dan sumber daya yang memadai pada suatu perusahaan merupakan suatu nilai plus untuk perusahaan.
Kondisi semacam ini diharapkan oleh setiap perusahaan, demikian pula oleh PT. Gapura Angkasa. Dalam penelitian skripsi ini yang menjadi objek penelitiannya adalah strategi perusahaan itu sendiri. Karena strategi yang tepat akan menghasilkan pendapatan yang akan dicapai perusahaan.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi/karya tulis ilmiah dengan judul :
”ANALISIS STRATEGI PRODUKSI CARGO ANTARA MASKAPAI PENERBANGAN ASING DENGAN MASKAPAI PENERBANGAN DOMESTIK PADA PT. GAPURA ANGKASA DI BANDARA INTERNASIONAL NGURAH RAI BALI TAHUN 2008 - 2010”.  

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dalam rangka melaksanakan penelitian ini, penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut :
1.      Identifikasi Masalah
Adapun identifikasi masalah yang ingin dibahas peneliti dalam skripsi ini adalah :
a.       Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi produk dalam suatu perusahaan PT. Gapura Angkasa Cabang Bandara Ngurah Rai tahun 2008-2010.
b.      Uraian tentang produk tersebut dilihat dari produk-produk yang diciptakan oleh PT. Gapura Angkasa untuk diterapkan sebagai strategi dasarnya.
c.       Adanya masalah ketidak stabilan jumlah produksi cargo pada Maskapai Penerbangan Asing (MPA) dan Maskapai Penerbangan Domestik (MPD).
d.      Tidak adanya kenaikan yang signifikan jumlah produksi cargo pada Maskapai Penerbangan Asing (MPA) dan Maskapai Penerbangan Domestik (MPD).
2.      Batasan Masalah
Dalam hal ini batasan masalah yang akan dibahas hanya dibatasi pada strategi produk yang ada dan yang akan ditambah pada PT. Gapura Angkasa bandara Ngurah Rai tahun 2010.
3.      Pokok Permasalahan
Berdasarkan pembatasan masalah, maka pokok permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut :
a.       Bagaimana produksi PT. Gapura Angakasa untuk Maskapai Penerbangan  Asing (MPA) tahun 2008-2010?
b.      Bagaimana produksi PT. Gapura Angkasa untuk Maskapai Penerbangan Domestik (MPD) tahun 2008-2010?
c.       Bagaimana pengaruh strategi produk PT. Gapura Angkasa untuk Maskapai Penerbangan Asing (MPA) dan Maskapai Penerbangan Domestik (MPD).?

C.    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai melalui hasil penelitian dari penulisan skripsi ini yaitu :
a.       Untuk mengetahui bagaimana produksi PT. Gapura Angakasa untuk Maskapai Penerbangan  Asing (MPA) tahun 2008-2010.
b.      Untuk mengetahui bagaimana produksi PT. Gapura Angkasa untuk Maskapai Penerbangan Domestik (MPD) tahun 2008-2010
c.        Untuk mengetahui pengaruh strategi produk yang diterapkan  PT. Gapura Angkasa tahun 2010 pada Maskapai Penerbangan Asing (MPA) dan Maskapai Penerbangan Domestik (MPD).
2.      Manfaat Penelitian
Hasil penelitian skripsi ini diharapkan mampu untuk menjadi bahan informasi serta sebagai referensi bagi pihak-pihak sebagai berikut :
a.   Bagi Penulis
Menambah wawasan dan dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah ke dalam prateknya dalam bekerja khususnya penerapan keilmuan di dalam program studi  S1 Manajemen Transpor Udara.
b. Bagi Perusahaan
sebagai bahan masukan dan informasi bagi perusahaan terutama bagi para pimpinan dalam menciptakan strategi yang baik pada perusahaan yang dipimpinnya guna kemajuan perusahaan tersebut.
            c.   Bagi STMT  Trisakti
Dapat menambah informasi  sebagai bahan acuan dan referensi dalam rangka penelitian lebih lanjut dengan topik yang sama, sehingga kekurangan yang ada dalam penelitian ini dapat diperbaiki.

D.    Metodologi Penelitian
1.   Metode Pengumpulan Data
a.   Penelitian Lapangan (Field Research)
Merupakan data yang diperoleh secara langsung pada obyek penelitian, melalui :

1)      Observasi.
Yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan peninjauan ke tempat objek penelitian, dan memperoleh data melalui pengamatan-pengamatan.
2)      Wawancara.
Dalam hal ini mengadakan wawancara atau tanya jawab dengan pimpinan, pejabat. yang ada dibawahnya serta karyawan, dan pelanggan lainnya, mengenai masalah yang dibahas penyusun.
b.   Penelitian Kepustakaan (Library Research )
1)      Studi Pustaka
Studi ini dilakukan guna mendukung data yang telah diperoleh melalui penelitian lapangan dan wawancara. Materi penunjang yang diperoleh dari berbagai buku acuan yang ada hubungannya dengan materi yang diperlukan dalam penulisan skripsi ini.
2)      Literatur-literatur
Bahan-bahan yang diperoleh dari diktat perkuliahan, dokumen-dokumen dan pedoman kerja pada PT. Gapura Angkasa maupun bentuk lainnya yang dapat membantu melengkapi materi yang dibutuhkan penulis.
2.      Teknik analisis data
Dalam pembahasan data, penulis menggunakan analisis Statistik NONPARAMETRIS.
E.     Hipotesis
Hipotesis adalah suatu anggapan yang mungkin benar dan sering digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan atau pemecahaan persoalan ataupun untuk dasar penelitian lebih lanjut. Berdasarkan uraian di atas, maka hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah ”diduga  perbedaan strategi produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktifitas PT. Gapura Angkasa pada tahun 2010”.

F.     Sistematika Penulisan
Untuk mendapatkan gambaran singkat mengenai materi yang dibahas dalam penulisan skripsi ini, penulis menyusun sistematika pembahasan sebagai berikut :

BAB I              PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis serta sistematika penulisan skripsi.
      BAB II         LANDASAN TEORI
Dalam bab ini dikemukakan beberapa teori yang secara langsung dan relevan dengan masalah penelitian, sehingga dapat mendukung pemecahan masalah dalam rangka pencapaian tujuan penelitian.
BAB III                GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
                     PT. GAPURA ANGKASA
Bab ini menguraikan secara singkat gambaran umum tentang sejarah singkat perusahaan, organisasi dan manajemen perusahaan, serta bidang usaha perusaliaan.
BAB IV       ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini diuraikan mengenai analisis dan pembahasan dari masalah strategi produk, analisis produksi, dan analisis hubungan antara jumlah produksi dengan jumlah konsumen.
BAB V         PENUTUP
Dalam bab ini dimuat kesimpulan dan saran yang merupakan persyaratan singkat yang diambil dari pembahasan dan penelitian serta sumbangan pemikiran yang dapat dari hasil penelitian.